Yang Lucu dari Orang Indonesia

Apa yang lucu dari orang Indonesia?

Yang lucu adalah mereka mudah sekali diadu domba…
Ketika mereka terusik, misalnya oleh bangsa lain, mereka bukannya semakin bersatu, malah semakin menyalahkan satu sama lain…

Ini beberapa contohnya…

Beberapa waktu yang silam, salah satu bagian dari adat Batak “dicuri” oleh bangsa lain, dan kalian tahu apa reaksi orang Batak? Ini reaksi orang Batak sendiri loh…
“Biar sajalah budayanya diambil orang, biar orang Batak tuh sadar… biar tau mereka cara menghargai budaya”

Tak lama juga dari hari ini, kembali ada yang “dicuri” dari negeri kita, yakni maskapai kepunyaan anak negeri… apa reaksi beberapa dari kita?
“Biar sajalah, biar sadar nih Indonesia”

Tidak hanya sampai di situ loch… ada juga yang membuat topik ini menjadi diskusi di FB dan ada beberapa komen, yang menurutku, sangat menyedihkan hati…, misalnya:
itulah Indonesia” atau “Jadi yang salah adalah? Hehe“…. atau ” ^^ (tanda tertawa) ”

Anda tertawa melihat keadaan bangsa ini? Seolah-olah Anda memandang Indonesia begitu rendahnya dan Anda tertawa sinis???

Dua contoh di atas adalah dua dari sekian banyak contoh yang membuktikan bahwa “kita mudah sekali dibuat saling menyalahkan”. Bukannya semakin bersatu, malah semakin menunjuk kesalahan satu sama lain dan justru makin banyak mengeluarkan komentar-komentar bodoh.

Di atas aku bilang “kita mudah sekali diadu domba”
ya sebenarnya belum separah itulah… tapi kalau kita terus menerus seperti ini, sangat mudah saling menyalahkan seperti ini… lama kelamaan pasti kita mudah diadu domba

Karena itu, jika kabar tidak mengenakkan tentang bangsa ini datang lagi ke telinga kita… please dong… jangan sampai hal pertama yang muncul di otak kita adalah menyalahkan orang lain atau jangan sampai kita berpikir “itulah Indonesia… hehehehe

justru alangkah baiknya kabar-kabar duka seperti itu semakin memacu kita untuk bersatu dan siap bekerja demi bangsa ini

Hari gini jangan saling menyalahkan lahold fashioned banget sih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s