Rival Terberatku

Menurutmu, siapakah rival terbesar dalam hidupmu?
Kebanyakan orang akan berkata bahwa rival terbesar mereka adalah seseorang yang lain

Mungkin Ronaldo akan menganggap Messi sebagai rival abadinya
Samsungpun nampaknya punya kebanggan tersendiri jika mengalahkan apple
Rivalitas antarnegara? hooo, jangan tanya

Hingga batas tertentu, aku rasa wajar menganggap bahwa orang lain-lah yang menjadi rival kita

Tapi aku sudah lama meninggalkan prinsip itu
Bagiku, rival utamaku adalah diriku sendiri

Aku senang memegang prinsip ini?

Mengapa?

Yang pertama karena aku tidak perlu membandingkan diriku dengan siapapun
Orang yang satu tidak akan pernah bisa dibandingkan dengan orang lain
Setiap orang diciptakan dengan kelemahan, kelebihan, dan sumberdaya masing-masing
Menjadi seorang presiden adalah luar biasa
Tapi aku yakin jika bapak presiden terlahir sebagai aku, kemungkinan besar dia tidak akan jadi presiden
dan jika aku terlahir di posisi beliau, kemungkinan aku menjadi presiden pun besar
Apa maksudku?
Maksudku sederhana… tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain

Oleh sebab itu, janganlah sekalipun kita merasa tinggi hati akan apapun yang telah kita capai
Akan gaji kita, akan jabatan kita, akan nilai kita, akan apapun
Karena terhadap siapakah kita hendak membandingkan diri sementara manusia tidak bisa dibandingkan?

Aku senang dengan prinsip “rival utamaku adalah diriku sendiri”
Alasan keduaku adalah…
karena dengan demikian aku tidak pernah meremehkan atau mengganggap diriku rendah

Sesungguhnya, aku merasa diriku hebat… aku adalah rival yang berat untuk kukalahkan
Kaupun harus menilai dirimu hebat…

Tapi, apakah itu kesombongan?
Tidak… karena prinsip pertamanya adalah tidak membandingkan diriku dengan yang lain

Ya…
Aku hanya membandingkan diriku dengan diriku yang sebelumnya
Aku hanya mengukur diriku berdasarkan apa yang telah kuhasilkan dari talenta yang Tuhan titipkan
dan mendasari semua itu… aku percaya bahwa aku berharga di mata Allah

Aku percaya aku berharga di mata-Nya
sekalipun mungkin aku tidak berguna
Kasih Allah padaku tidak dilandaskan berdasarkan apa yang aku kerjakan
Tapi kasih itu mendorong dan menguatkanku untuk mengerjakan talenta-Nya

Ya…
Aku harus lebih baik dari diriku yang sebelumnya
Jika tidak, aku gagal di hari itu

Aku bisa sedikit-sedikit bermain gitar
Kalau aku enggan melayani dengan gitarku… aku gagal

Minggu lalu… untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku ikut olaharaga pagi Car Free Day
dan karena aku tidak mau kalah oleh aku yang minggu lalu,
berarti aku harus olahraga pagi setiap minggu
(ya… ternyata susah mengalahkan diriku -___-“)
#malaskankadang-kadang

Ketika aku melakukan sesuatu yang baru, yang lebih produktif, aku selalu berkata…
“awesome… aku menang… aku lebih baik sekarang… aku senang dech”

Sederhana bukan?
Rival utama kita adalah diri kita sendiri
Jika kita mampu mengalahkan diri kita sendiri… kita sudah menang

Kalau kita bisa mengalahkan….
rasa kantuk kita… kebosanan kita
kebencian kita… sakit hati kita
rasa takut kita… iri hati kita…
nafsu kita…. lihatlah…. kitalah pemenangnya

Tetapi…. sebelum itu semua kita lakukan…
Sebelum prinsip itu diaplikasikan… jangan sampai ini kita abaikan
Beginilah firman TUHAN:
“Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri,”
Yeremia 17:5

Yap… aku tidak perlu membandingkan diriku dengan orang lain
Aku cukup membandingkan diriku dengan diriku sebelumnya
dan bersama Allah… aku akan berjuang untuk menjadi lebih baik lagi
Aku harus lebih baik… dan lebih baik lagi

Jadi… kalau kau bertanya…. bagaimana aku mengisi keseharianku…
I’d say:

531894_484334781638946_1578225919_n

Leave a Reply

