Produktif = Waktu Tidak Cepat Berlalu

Aku tidak suka dengan main stream
Dan salah satu main stream mengatakan “waktu itu cepat berlalu”

Kita sering sekali mendengar dan bahkan mengatakan
“wah ga terasa yah udah wisuda, perasaan baru kemarin aku masih belajar SPMB”
“wah ga terasa yah udah usia segini”
dan “wah ga terasa” – “wah ga terasa” yang lain

Mungkin di satu sisi memang benar
Bahwasanya ketika kita telah melewati suatu proses atau suatu masa
Maka kita akan melihat kembali ke belakang
dan merasakan semua proses itu terjadi secara begitu cepat
sehingga seolah-olah kita tidak merasakan pergerakan waktu itu
dan tiba-tiba kita sudah sampai di saat dan di tempat ini
#di satu sisi memang benar

Tapi, aku ingin membagikan padamu apa yang kupikirkan
Aku mengubah cara berpikirku
Aku tidak mau lagi ada “wah ga terasa yah sudah….” di dalam kamusku
Aku ingin selamanya mengatakan “wah… lama juga yah waktu berlalu”
Aku ingin hidup dengan “wah terasa yah sudah 1 tahun… atau wah terasa yah sudah usia segini… dsb”

Prinsipku ini tidak terlepas dari pengalamanku baru-baru ini
Latar belakangku adalah Chemical Engineer, tapi kini aku bekerja sebagai Petroleum Engineer
Dan itu mengubah duniaku…. Aku dituntut untuk beradaptasi cepat
Dalam 1 tahun trainingku, aku harus memiliki kompetensi setara dengan lulusan Teknik Perminyakan (4 tahun studi)
dan itu tidak mudah

Kemudian, 3 bulan lalu aku diberi topik, namanya “well test/ uji sumur”
Seharusnya topik ini diberikan dalam bentuk in class training
Akan tetapi, ada perubahan rencana… Pemateri dari luar perusahaan tidak dapat hadir
sementara engineer dari perusahaanku belum ada yang mempersiapkan diri menjadi pengajar pengganti
Akhirnya, sebagai gantinya, kami diberi topik real case
dan pada akhir pekan, pengerjaan topik itu harus kami presentasikan

Aku menolak dalam hatiku… Aku tidak setuju dengan cara ini
Ini cara yang salah… Tidak mungkin bisa mengerjakan real case dalam seminggu dan tanpa fundamental
Akhirnya aku fokus untuk belajar teorinya… Aku mencari tahu penurunan rumusnya
Sementara kawan2ku sudah asik menghitung menggunakan rumus-rumus yang mereka sama sekali ga tau datang dari mana

Alhasil… aku kuat fundamental, tapi pengerjaan kasusku berantakan dan minim
Ketika presentasi… banyak pertanyaan ditujukan padaku
dan seingatku… hampir semuanya saya jawab “maaf Mas, saya belum belajar hal itu”
Yap… aku ga suka mengeles… ketika aku ga tau, aku katakan ga tau
Agak kecewa memang… karena sorot mata panelis mengatakan aku kurang kompeten

Setelah kegagalan itu aku bertekad… aku harus ahli “well test”
Aku harus melebihi semua engineer yang ada di perusahaanku dalam hal “well test”
Akhirnya tiba periode On The Job Training  (bukan lagi in class training) selama 2 bulan
Dan, puji Tuhan, topik OJT-ku adalah “well test”

Dalam hati aku berkata… yap, dulu dikasih 1 minggu aku gagal… ga akan bisa memang dikejar dalam seminggu
Tapi kini aku dapat 2 bulan…. Oh well test, kau ga akan lolos

Dan kini, 2 bulan telah berlalu
Beberapa hari yang lalu, aku sudah menyelesaikan presentasi OJT-ku
dan kalian tahu apa… yeaaahhh… I DID IT, Bro
Aku menguasai well test…
Aku bisa menjawab semua pertanyaan panelis
Di hadapan panelis yang sama yang dulu meremehkanku,
kini aku sanggup mengatakan “maaf Mas, saya yakin analisanya bukan seperti yang Anda katakan, tapi seperti ini” (dengan nada dan kata-kata lebih halus dong pastinya)
dan aku yakin, aku memukau mereka… Panelis itupun tersenyum…
Dua bulan bagiku cukup untuk menyetarakan diri (dalam kasus well test saja) dengan mereka
walaupun mereka adalah engineer yang sudah berpengalaman,…

Setelah kesuksesan OJT-ku ini…
Aku berpikir dan mengingat apa yang kulakukan dalam 2 bulan terakhir ini…
dan ketika aku mengingat-ingat apa yang aku lakukan…
Aku merasakan bahwa waktu itu lama berlalu

Mengapa waktu terasa lama bagiku?
Karena aku mengisinya dengan sesuatu yang bermakna
Karena aku produktif dalam 2 bulan itu
Faktanya, aku tidak pernah merasa seproduktif 2 bulan terakhir ini
Aku tahu persis apa yang kulakukan dalam 2 bulan ini… aku merasakannya
Benar-benar merasakan perjuangan di dalamnya

dan itu membuatku tidak mungkin mengatakan”wah ga terasa yah…”

Ketika kau bangun dari tidur yang tidak enak…
Kau akan berkata “aduh, kok cepat amat gw udah bangun”
Tapi kalau tidurmu benar-benar berkualitas
Kau akan merasa tidurmu itu lama… dan memuaskan

Kalau hidupmu datar… tidak ada dinamika…
Kalau hidupmu tidak produktif… tidak kau isi dengan sesuatu yang bermakna
Kalau kau isi waktumu dengan mengeluh…
Kalau tidak ada passion, semangat, dan CINTA dalam keseharianmu
Maka kau tidak akan berubah
Kau tidak berubah, sementara waktu terus berubah…
Maka dari itu wajar kau mengatakan “ga terasa yah…”
Wajar, karena kau tidak berubah… makanya ga terasa

Tapi kalau kau benar-benar produktif
Maka sesungguhnya kau sudah berubah
Berubah dari tidak bisa menjadi bisa
Dan kau merasakan bahwa kau berubah
Kau berubah… seiring dengan waktu yang berubah
dan pada saat itu…. kau tidak akan mengatakan “ga terasa yah…”
Karena kau benar-benar merasakannya
Kau benar-benar merasakan pergerakan tiap detik
Kau tau apa yang kau lakukan tiap detik
Kau tau itu karena itu bermakna dalam mengubah hidupmu

See?

Aku ga mau lagi mengatakan “ga terasa sudah…”
Karena dengan mengatakan itu sama saja dengan aku melupakan masa-masa yang berlalu
Tidak… aku ga mau melupakannya
Aku tidak mau interval waktu yang penting itu ter-skip dari ingatanku
Aku mau terus mengenangnya
Aku mau terus mengenang waktu-waktu perjuanganku
waktu-waktu produktifku
waktu-waktu yang mengubahku dari tidak tahu menjadi AHLI… menjadi seorang EXPERT

Bagaimana denganmu?
Masihkah kau mau mengatakan “wah ga terasa yah sudah……”
Itu terserah Anda 🙂
Kalau aku sih ….  nehiii

Ayooo…. Jadilah produktif…

Nb:
Tulisan ini aku buat untuk mengingatkanku bahwa aku pernah sangat produktif
Kini aku memasuki OJT ke-2 dengan topik “Sucker Rod Pump Design and Optimization”
Dan aku sama sekali tidak tahu menahu mengenai topik ini
Kita lihat, apa yang akan terjadi setelah 2 bulan ke depan
Aku mau setelah 2 bulan nanti, aku mengatakan ‘wah, 2 bulan terasa banget”

Leave a Reply

