Tritunggal Bagian 0

Tritunggal…
Aku yakin kita sudah sering mendengarnya.

Kini pertanyaannya…
Apakah itu tritunggal?
Apakah kau dan aku memiliki pemahaman yang sama mengenai Tritunggal?

Yang aku yakini:
Tritunggal adalah sebutan orang Kristen untuk Tuhan

Ya… Allah kita adalah Allah Tritunggal
Allah Bapa Allah Anak Allah Roh Kudus

Tapi, tidak sesederhana itu…
Apakah itu artinya kita memiliki 3 Allah?

Ada yang mengatakan…
Allah Bapa = Allah Anak = Allah Roh Kudus
Ada yang mengatakan sebaliknya

Lah… tapi mereka berdua percaya bahwa Yesus Kristus adalah Allah dan satu-satunya jalan keselamatan…
Kalau pemahaman mereka akan Tritunggal itu berbeda
Artinya salah satu dari mereka menyembah Yesus yang berbeda dong?

Lalu… bagaimana kita bisa menjelaskan kepada saudara-sepupu kita yang hendak menanyakan
“Tuhannya orang Kristen ada 3 yah?”
“Kok Allah beranak sih?”

Itu semua sempat menggelisahkan hatiku
Mengapa hal yang sangat penting seperti ini tidak pernah dibahas di khotbah tiap minggu? Kata hatiku

Tapi… aku tidak boleh menyalahkan gereja
Aku cukup melakukan apa bagianku
Yakni membagikan apa yang sudah aku pelajari kepadamu

Apa yang aku pahami, tentu saja masih belum lengkap…
Aku masih belajar… dan akan terus belajar…
Mungkin kau akan mendapati kesalahan pada apa yang akan aku bagikan padamu…
Jika itu terjadi… mohon jangan menganggapku berusaha menyesatkan…
Sesungguhnya, inipun aku sudah berusaha memberanikan diri untuk membagikan hal sesakral ini kepadamu

Well, aku hanya ingin berbagi…
Terimalah ini sebagai suatu tukar pikiran… dan bukan khotbah…
Karena tidak akan ada penyesatan dalam suatu proses tukar pikiran…
Kau setuju bukan?

Akan tetapi, aku memintamu untuk mematuhi beberapa rules…
Karena mustahil kita bisa mengerti apa yang hendak kita pelajar ini jika kita tidak menaati rules ini..
Here they are:

  1. Kau harus yakin bahwa Allah tidak pernah cacat dalam laku-Nya. Segala sesuatu yang Dia lakukan, yang Dia ucapkan, PASTI ada maknanya.
  2. Kau harus yakin bahwa Alkitab itu BENAR 100%. Artinya, kau harus yakin bahwa sang penulis kitab sedang menulis firman ini bukan dengan kekuatannya sendiri, melainkan dengan tuntunan Roh Kudus.
  3. “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman,“ (Ibrani 3:15)
  4. Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. (Amsal 3:5)


Kita akan mempelajarinya secara bersama-sama…
Secara perlahan… Tidak perlu terburu-buru
Satu demi satu…
dan tentu saja, kau pun harus mengujinya sendiri
dan mungkin kita bisa saling menanggapi?
#silakan message jika kau ingin menanggapi
#aku akan dengan senang hati menerima tanggapan
#bahkan mengubah tulisanku jika aku salah

Oke? Setuju yah….

Terakhir…
Ada seorang tokoh gereja pernah mengatakan…
Jika kau berusaha memahami apa arti Tritunggal… kau akan kehilangan akal sehatmu
akan tetapi
Jika kau berusaha mengabaikannya… kau akan kehilangan nyawamu

Oke… kita akan bahas itu nanti

To be continued….

Leave a Reply

