Freak

525394_439291479498597_1869193340_n

Aku benar-benar tergelitik dengan apa yang terjadi tepat saat aku menulis ini…
sekitar pukul 10 malam…

Saat ini, aku sedang berada di lapangan untuk mengerjakan assignment dari kantor
Tepatnya, aku sedang berada di kantor yang ada di lapangan, saat ini

Wisma penginapan jaraknya kira-kira 300 meter dari kantor
dan tentu saja, karena ini sudah malam… kantorku kosong, hanya aku seorang diri

Aku sedang melakukan apa?
Mungkin beberapa orang akan mengganggap aku freak, wellterserah mereka
tapi yang kulakukan adalah seperti gambar di atas…
… gambar yang juga baru kutemukan saat ini (tak ada yang kebetulan, Bro)

yap… aku sedang belajar
#sambil ber-FB actually

mungkin orang-orang akan lebih sering berkata seperti…
“ga tau yah kenapa, tapi aku senang aja gitu belajar”

Well… sedikit berbeda denganku…
Aku tahu kenapa aku senang belajar…
karena aku ingin tahu…
karena aku ingin bisa hebat dalam sesuatu…
dan sesuatu itu haruslah yang aku cintai…

Yap… aku tahu mengapa aku senang belajar…
karena aku mencintai apa yang sedang kepelajari…
Well… I really love what I’m doing and learning right now…
Thank God for this love

Aku pernah menjadi orang yang sangat ambisius…
dan itu membuatku tahu bagaimana rasanya ambisius
dan jika kuselidiki diriku saat ini
aku tahu pasti bahwa saat ini aku tidak sedang ambisius
Aku belajar bukan karena aku ambisius
Melainkan… karena aku merasakan sukacita di dalamnya

Aku merasakan bahwa aku sedang berada di jalan yang tepat…
di jalan yang memang sudah seharusnya aku tapaki…
dan jalan ini akan membawaku kepada tujuan yang Tuhan persiapkan untukku

Aku selalu mengingat kata-kata seorang kawan:
Walaupun lambat… yang penting arahnya tepat
dan itulah yang setiap hari kurasakan
walaupun lambat…
aku tahu arahku tepat…
dan itu membangkitkan semangat…

dan yang semakin membuat lucu adalah…
aku sebenarnya tidak benar-benar sendirian…
di hadapanku, kira-kira 5 meter di depanku…
ada dua orang yang datang ke kantor sekitar jam 8 malam tadi…
hanya untuk bermain DotA….

whaaaatttttt???
Jauh-jauh dari mess datang ke kantor malam-malam, hanya untuk main DotA?
dan lagi… mereka sudah umur berapa nih, kok masih main begituan?

kataku dalam hati:
“aku sering disebut freak soal belajar”
“orang-orang selalu berkata ….. “astagaaaa Richard”….”

“tapi kok sekarang justru aku yang  mau bilang mereka yang freak yah…
“upppss, stop it Richard”

”  -______-”    ”

hemmmm….
Aku sering mendengar banyak rekan-rekanku “terjajah” oleh game online seperti itu
sayang sekali hidup mereka…
dan bersyukur sekali aku tidak terjerumus ke lubang yang sama…

Tapi itu tidak begitu penting bagiku
yang lebih penting lagi adalah:
aku tahu aku sedang melakukan sesuatu yang lebih produktif dibandingkan dua orang yang ada di depanku
dan itu semakin menguatkanku untuk tidak malu akan ke-freak-an ku ini
dan aku akan melanjutkannya selalu

Dunia ini… sungguh aneh…
Dulu… selalu dikumandakan “rajin pangkal pandai”

tapi saat ini…
entah mengapa, seolah-olah menjadi suatu stigma… “jangan sampai aku kelihatan rajin”

Ketika di kampus…
A : eh, kamu sudah belajar belum?
B : belum lah, ga sempat, aku langsung tidur semalam…. halaaahh, lu ngaku aja, lu udah belajr kan?
A : belum Bro, sueeeeerrrr… aku nonton film semalam
B : sama kalau gitu, yawdahlah pasrah aja

dan ketika hasil ujian dibagikan….
si A dapat 90…. si B dapat 95
yang artinya mereka sebenarnya udah belajar sebelumnya dan sudah siap
mereka mungkin tidak bohong…
yang satu mungkin benar2 tidur kecepatan… yang satu betul2 nonton…
tapi diluar itu, kenyataannya adalah mereka sudah belajar
dan mereka belajar karena pada dasarnya mereka memang rajin (atau mungkin ambisius)
tetapi tidak mau mengakuinya…

Kenapa harus malu mengakui bahwa kamu suka dan rajin belajar?
Jangan mau dilanda dan dibodohi oleh kebiasaan dunia…

Dunia sudah bobrok… merusak kebiasaan yang baik…
dan mengubah “rajin belajar” yang awalnya baik…
menjadi terlihat freak dan memalukan….

Ayoooo belajar…. ayo membaca….
Temukan passionmu… dan jalani itu…
Jangan pernah malu akan passionmu
Tetapi malulah ketika kamu malu mengungkapkan passionmu

dan kasihanilah dirimu ketika kau hanya mampu memendam passionmu dalam hati
tanpa berani menunjukkannya ke “dunia nyata”

Ayooo para insinyur, para ilmuwan, para pengajar…
Rajin pangkal pandai
Pandai itu penuh dengan pengetahuan
dan pengetahuan adalah kekuatan
dan kekuatan itu mampu mengubah dunia
dan dunia itu benar-benar sedang membutuhkan kita, Kawan

^____^

Be your self even if …

Leave a Reply

