It’s Not Easy Being Green

www.enriquedans.com.wp-content.uploads.2008.12.kermit-green

Aku sangat suka lagu ini…
Lagu ini dipopulerkan oleh tokoh Kermit si Katak…
suatu pendidikan dini bagi anak-anak yang menontonnya…
supaya mereka tidak pernah rendah diri akan keterbatasan dirinya…

sayangnya, pendidikan seperti ini, hanya untuk anak-anak di masa itu…
dan aku bersyukur bisa hidup di masa itu ketika aku masih kecil…
huffff…. bagaimana yah pendidikan anak-anak masa kini?

dan berikut lirik yang bisa aku terjemahkan

Haloo, Kermit si Katak di sini
dan hari ini aku ingin sedikit bercerita tentang warna hijau

Apakah kau tau warna hijau?
Well, aku ini berwarna hijau
Kau tahu, katak berwarna hijau, dan aku adalah seekor katak
dan itu berarti aku berwarna hijau, kau mengerti?

Tidaklah semudah itu hidup menjadi hijau
Aku harus menjalani hidup dengan warna daun-daun, suatu warna yang tak istimewa
Aku sering berpikir alangkah indahnya menjadi merah, atau kuning, atau emas
atau warna-warna lainnya yang juga colourful

Tidaklah mudah menjadi hijau
Nampaknya aku terbaur dengan hal-hal lain yang juga biasa-biasa saja
dan orang-orang akan melewatiku begitu saja
sebab aku tidak terlihat seperti kilauan yang mencolok di permukaan air
atau seperti bintang-bintang di langit

Tapi…
hijau adalah warna musim semi
hijau adalah kesejukan dan keramahan
dan hijau dapat menjadi besar, seperti gunung
dan penting, seperti sungai
dan tinggi seperti pohon

Ketika menjadi hijau adalah satu-satunya yang tersedia bagimu
Mungkin kau akan selalu bertanya-tanya tentang hidupmu

oh… tapi mengapa harus bertanya-tanya?
mengapa harus bertanya-tanya?

Aku hijau…
dan semuanya akan baik-baik saja…
dan itu indah…
dan aku pikir… itulah yang aku inginkan untuk hidup

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sungguh baik makna dari lagu ini. Sesungguhnya, manusia menyusahkan dirinya sendiri. Dan itu dimulai ketika manusia ingin dilihat sebagai “orang yang hebat”. Sayangnya, seringkali sosok “orang yang hebat” itu tidak mencerminkan sosok dirinya sendiri. Itu hanyalah topeng dan sandiwara.

Alhasil, orang-orang akan kenal kepada sosok “orang yang hebat” itu tetapi tidak ada yang mengenal “dia yang sebenarnya”. Bahkan dirinya sendiripun lama-lama bisa tidak mengenal dirinya sendiri lagi. Menyedihkan sekaligus menyeramkan.

Ironis sekali. Ironis sekali ketika keberadaan kita yang sesungguhnya ternyata tidak dikenali oleh siapapun. Hanya supaya dirinya dikenal sebagai “orang yang hebat”, orang-orang rela mengorbankan identitas dirinya yang sebenarnya untuk terkubur.

Aku tak ingin dikenal sebagai “orang yang lain”
Walaupun “orang yang lain” itu akan terlihat sebagai orang yang hebat
Aku tidak mau menjadi orang yang lain

Aku hanya ingin dikenal sebagai diriku
dan semuanya akan baik-baik saja…
dan itu indah…
dan aku pikir… itulah yang aku inginkan untuk hidup

Leave a Reply

