Hantu? Capek Dech….

kuntilanak

Hari ini adalah hari yang cukup lucu menurutku…

Selama 3 hari sebelum ini aku menginap di rig sebagai bagian dari On-the-job-training-ku
Aku belajar banyak hal baru selama 3 hari ini…

Akhirnya, setelah 3 hari, kamipun pulang kembali ke kantor.
Kantor kami berjarak 3 jam perjalanan dari lapangan.
Aku berangkat pulang bersama seorang engineer dan seorang driver.
Aku duduk di belakang dan kamipun memulai obrolan.
obrolan inilah yang membuatku tergelitik…

Kami membicarakan banyak hal
Mas engineer mulai menceritakan tentang field-field lain yang dikelola oleh perusahaanku
dan sampailah kami ke topik tentang field Lirik di daerah Sumatera Tengah
entah kenapa, mas itu malah membicarakan tentang hantu
dan sayangnya, pak driver pun antusias dan malah membuat obrolan ini menjadi-jadi
Aduuuhhh, topik bodoh ini…   -____-“

E = engineer  D = driver   R = Richard

E : iya itu di lapangan Lirik, banyak banget hantunya
D : di Pendopo itu apa lagi Mas, di guest house kita itu, banyak hantu gentayangan
E : oh, pasti yang di kamar pertama kan Pak, yang di kiri?
D : eh Mas, bukannya yang kanan?
E : bukan Pak, kalau kita dari arah masuk, yang kiri, yang ada belokan itu loh Pak
D : ohh iya iya iya … (aduuuh lucu banget nih orang, kata hatiku)
E : di Tarakan juga Chard, ada hantunya, hantu Jepang, pakai kimono?
R : oh gitu ya Mas? Hehehehehe
D : itu loh Mas, si Bapak x, pernah dia bangun-bangun langsung lihat hantu cewe di mukanya, langsung teriak-teriak dia, Mas
D : dia takut kayak mau dicekik
E : ohhh, itu pasti sebelum tidur dia belum sembahyang* (kata sembahyang bukan kata yang sebenarnya dia pakai)
D : iya Mas, dia pasti belum sembahyang, makanya saya selalu sembahyang sebelum tidur

beberapa kilometer sesudah itu

D : eh Mas, Mas kan hobi foto, itu tuh pohon tinggi itu, bagus loh, mau berhenti bentar ga buat ambil foto?
E : ah, nanti ajalah Pak. Di sana ada hantunya juga loh, ada kuntilanaknya…
D : iya benar (astagaaaaaaa….. nahan ketawa abiezz guwa)
#aku hanya bisa tertawa dalam hati
#salahku juga sih, harusnya aku bisa sedikit memberi pandanganku, daripada hanya tertawa mendengar obrolan mereka

Apa yang membuat ini lucu bagiku?

Yang pertama, aku rasa wajar kalau pak driver masih percaya sama takhayul seperti itu.
Tapi ini engineer, come on Bro, sudah zaman apa ini?
Kok masih percaya sama hantu?
Mau sampai kapan Indonesia masih takut sama hantu-hantuan begini?
Apalagi tayangan TV “Dunia Lain”, haduuuh, pembodohan publik bener dah

Yang kedua, aku punya prinsip mengenai hantu ini…
Kalaupun aku percaya adanya hantu…
aku hanya percaya bahwa hantu itu adalah iblis yang mencoba menakut-nakuti manusia
kalaupun ada hantu, pastilah itu iblis yang  menampakkan diri dalam wujud yang menyeramkan supaya manusia takut
sampai sekarang aku tidak percaya bahwa hantu adalah arwah gentayangan
dan sejujurnya, aku tidak percaya hantu sama sekali… mau itu iblis… mau itu arwah… aku ga percaya
Terlalu sering aku pulang ke kost lewat jalan gelap dan serem tanpa melihat hantu sama sekali
Yang seharusnya ditakuti itu ya orang mabuk kalau tiba-tiba dia mencegat

dan kalaupun iblis itu menampakkan diri sebagai hantu untuk menakut-nakuti manusia
itu pastilah iblis level bodohiblis level rendahan
Iblis level tinggi, yang cerdas, ga akan capek2 menampakkan diri sebagai hantu
Iblis yang pintar, pasti akan lebih memilih untuk menimbulkan dendam di hati manusia,
atau membuat manusia penuh hawa nafsu, atau membuat manusia ragu akan Allah…
ngapain iblis memasang tampak bodoh layaknya hantu-hantu di Televisi?

Memang ada beberapa teman yang bercerita kalau dia punya penglihatan
dan dari sorot wajahnya, terlihat sekali dia berbicara jujur kalau dia bisa melihat roh itu
tapi, kalaupun itu benar, walau aku masih tidak percaya…
aku rasa itu hanyalah iblis level bodoh itu yang mau menakut-nakuti dia…
hahahahaha… dasar iblis

Yang ketiga, aku akan mengerutkan dahi melihat orang religius yang malah takut sama hantu, apapun agamanya
Kehidupan religi macam apa yang dihidupinya jika dia sampai takut sama hantu?
Apalagi jika orang itu menyangka hantu bisa mencabut nyawanya atau mencelakakan dirinya
Hidup kita ada dalam kendali Tuhan…
mana mungkin hantu punya kuasa atas celaka atau tidaknya diri kita (jika hantu itu memang ada)

sebab Roh yang ada di dalam kamu,  lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. (1 Yohanes 4:4)

Terakhir…
Hari ini, seperti biasa, aku tinggal di kantor lebih lama dari yang lain
dan sebelum Mas  balik ke mess, Mas itu berkata:
“hati-hati ya Chard, di sini sama di sono, ada hantu cewe”

dalam hatiku: whatever, Bro

Akupun tinggal di kantor sendirian… tanpa takut dong pastinya, hehehe
Ya, sejujurnya aku rada bodoh juga sih, karena aku sediiiiiikiittttt menanti datangnya hantu
Pikirku: kan keren juga kalau bisa ketemu hantu dan menertawakannya

-___-”

hahahahha, bodohnya aku, mana ada itu hantu sampai perlu dinantikan…
erggghhhh aku jadi kepengaruh obrolan tadi kan, hahahahha…

dan ternyata…
terjadi mati lampu total di seluruh kompleks… hahahahah komplit banget dah ini
Dalam hati aku berkata, “memang pas banget momen buat menguji diri”

Akupun pulang ke mess yang jaraknya cukup jauh
dan aku bertemu dengan seorang karyawan lain, nampaknya dia religius…
Aku bertanya, “mati semua ya Mas?”
Dia menjawab, “iya Mas, di mess juga mati”
Aku bertanya lagi, “ga balik aja Mas ke mess?”
Dia menjawab, “iya tapi ini masih gelap”

Dalam hatiku….. penakut detected.….. -_____-”
Akupun jalan ke mess
dan puji Tuhan, no fear at all Bro… sebenarnya, biasa aja sih
tapi aku rasa, orang yang tak beriman pasti akan ketakutan melewati jalan sunyi itu

Haduuuuhhhh…
Akupun lucu melihatku menulis ini…
Seperti menulis sesuatu yang tidak berguna sama sekali….
Come on, topik hantu gitu loh, bahkan ini ga pantas ditulis atau diobrolin oleh orang percaya…

tapi satu hal kupelajari…
Betapa menyedihkannya hidup dengan ketakutan…
Mau melakukan apa-apa takut…
Mau kemana-mana gugup…
Terbatas sekali hidup seperti itu…
Apalagi kalau hal bodoh, seperti hantu, yang membatasi hidup kita…
Apa kata dunia, Bro?

dan akupun pernah bertemu dengan saudara-saudara seiman yang memang percaya…
tapi mulai merinding ketika melewati jalan-jalan serem…
dan mungkin kamupun salah satunya…

Akupun pernah sangat takut pada hantu… tapi itu dulu sebelum aku kenal Yesus, Tuhanku
Kini, kalaupuuun ada hantu itu, aku yakin merekalah yang akan lari dari hadapanku
Kalaupun mereka ada…. kalaupun mereka ada…
Ya pasti aku akan kaget sekaget-kagetnya… hanya untuk satu atau dua detik…
kemudian aku akan memandang mereka, lebih lama… lebih lama…
dan makin lama kulihat mereka… aku tak akan kaget lagi… tak akan takut lagi…
dan mulai menertawakan wajah bodoh mereka….
dan aku rasa, mereka tidak akan mau hal itu terjadi…
jadi mereka lebih memilih tidak menunjukkan diri di depanku….
dan itu…. kalaaaauuuuuuu mereka memang ada, hahahahha

Adapun aku…
Aku tidak mau berlagak terlalu angkuh dan menganggap keberanianku sebagai kebanggaan…
Kalaupun aku bisa berubah, dari penakut menjadi pemberani… itu hanya karena karunia…
Karunia dari Yesus Kristus, kebenaran-Nya yang membuka mataku…
dan kasih-Nya yang menyingkirkan segala bentuk ketakutan…

Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan;
sebab ketakutan mengandung hukuman

dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. (1 Yohanes 4:18)

Mari kita menguji diri kita masing-masing…
Yakinkah kita sudah lulus dari ujian yang sederhana sekali seperti ini…
Yakinkah kita sudah benar-benar tidak takut sama hantu?
#pertanyaan yang aneh memang… tapi, yakinkah kamu? Uji dirimu…. hehehehhe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s