Sedikit Tentang Panggilan Hidup…

Keluaran 3: 9 – 12

Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.

Tetapi Musa berkata kepada Allah:
“Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?”

Lalu firman-Nya:
“Bukankah Aku akan menyertai engkau?

Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau
apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir,
maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini.”

Apakah kamu menyadari adanya suatu hal yang “aneh” di sini?
Bagiku pribadi, ini “aneh” sekali…

Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau
apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir,
maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini.”

Bagaimana itu bisa jadi tanda?
Bukankah tanda itu seharusnya di awal?
Kalau tandanya itu adalah sesuatu yang akan terjadi nanti, bagaimana kita bisa yakin untuk melangkah di awal?
Aku rasa Musa menuntut tanda itu terjadi saat itu juga
Musa menuntut tanda dari Tuhan ketika dia hendak bertemu dengan Bangsa Israel, sebelum keluar dari Mesir

Tetapi…
Tuhan justru memberikan tandanya nanti……
Yaitu ketika Bangsa Israel sudah keluar dari Mesir…

Lihat kan?
Allah tidak selalu memberikan tanda di awal perjalananmu
Dia tidak berjanji akan memberikan tanda ketika kau memintanya

Terkadang Allah hanya berkata … “Jalanilah dulu, nanti Aku kasih tanda”

Memang jalan seperti ini akan risky
Bagaimana aku bisa tahu kalau ini adalah jalan yang tepat kalau Tuhan belum kasih tanda…
Tetapi sungguh, “tanda” bukanlah hal yang terutama…
Yang terutama adalah hubungan dan kedekatan kita dengan Tuhan…
Yang lebih penting adalah ketergantungan kita pada-Nya
dan bagaimana kita selalu bertanya kepada-Nya
dan mengenal suara-Nya

Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku
(Yohanes 10:27)

Mungkin benar terkadang kita salah menangkap suara Tuhan…
Terkadang kita merasa “ini pasti suara Tuhan” … tetapi ternyata tidak
Sekali lagi, bagiku itu bukanlah akhir…
Salah jalan bukan berarti Allah membenci dan menolakmu…

Terkadang Allah membiarkan kita salah jalan…
bahkan membiarkan kita jatuh…
Supaya kita sadar akan kelemahan kita…
Supaya kita tahu bahwa kita selalu punya jalan pulang…
Supaya kita ingat untuk SETIAP SAAT bertanya kepada Tuhan “Tuhan, benar ga ini jalannya?”

Mungkin ketika Tuhan memberimu tanda di awal…
Maka kau sudah memiliki arah yang jelas… dan lama kelamaan kau akan terlalu fokus dengan arahmu
dan justru melupakan Tuhan…
Kau akan fokus menjalani panggilanmu… dan justru lupa akan Pemanggilmu…
Kau merasa tidak perlu untuk bertanya lagi kepada Tuhan, karena kau sudah tahu harus ke mana

Tuhan memang punya banyak rahasia… Yang akan Dia singkapkan pada waktunya
Dia merahasiakan tandanya… Dia belum memberitahu arahnya…
Supaya:

Pertama…
Supaya kita tidak hanya diam dan berdoa sampai Tuhan memberi tanda
Supaya kita berani mengambil langkah pertama…
dan walaupun ada peluang kita salah jalan, kita tidak takut…
sebab kita yakin bahwa Tuhan akan menarik kita ke jalan yang benar pada akhirnya…
Letak iman kita bukan di “yap, aku yakin ini suara Tuhan, aku yakin ini jalannya”
melainkan di “Tuhan, aku rasa ini suara-Mu, aku jalan yah Tuhan, kalaupun aku salah, aku yakin Kau akan menarikku ke jalan yang benar, seturut dengan waktu-Mu yang tepat”

Orang yang benar akan hidup oleh iman (Roma 1:17)

Kedua
Supaya setiap saat kau ingat untuk bertanya kepada Tuhan
dan merekonfirmasi apakah benar ini jalannya
“Tuhan, aku sudah sejauh ini, benar ga ini arahnya Tuhan?”

Ya…
Tanda bukanlah yang terutama…
di atas segalanya… milikilah persekutuan yang indah bersama Tuhan…

Jalanilah dulu…
Jalan yang kau “rasa/yakin” itu suara Tuhan… jalanilah dulu
Mungkin benar itu jalannya…
atau mungkin Tuhan membiarkanmu salah dulu…
ya, jalani itu dulu…
dan percayalah…
Tuhan akan memberikan tandanya pada waktunya…
yakni setelah kau tahu bagaimana bergantung pada-Nya, SETIAP WAKTU

dan bukan hanya di saat kau butuh tanda

JBU

Leave a Reply

