My Version of “Berakit-rakit ke Hulu”

Aku suka sekali dengansuatu pepatah dan pepatah itu berkata:
Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian

Tetapi pepatah itu kemudian dipelesetkan
Menjadi suatu lagu…
Yang tidak mendidik sama sekali…
Yang menurutku… sampah
dan lagu itu berkata:

Berakit-rakit kita ke hulu
Berenang kita ke tepian
Bersakit dahulu… Senangpun tak datang
Malah mati kemudian

Seandainya aku seorang presiden, maka lagu tak mendidik seperti ini tak akan kubiarkan terpublikasi. Aku akan memberikan teguran yang keras kepada band yang menciptakannya. Bagiku, semua hal yang tak mendidik, tidak layak tayang di TV dan semua public figure yang tak beratitud, lebih baik tidak tampil. Terlalu berharga jiwa anak-anak bangsa jika harus dicemari oleh tayangan bodoh seperti lagu ini. Janganlah hanya karena seniman-seniman itu butuh mencari uang, maka anak-anak kecil bangsa ini harus menjadi korban dan terkotori pikirannya karena terlalu sering ter-ekspose dengan tayangan-tayangan dan figur-figur tak mendidik.

Kembali ke pepatah itu…
Aku punya versi lain yang kusimpan untuk diriku sendiri…

Berakit-rakit kita ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang SEKALIAN

Ya…
Kita bisa bersakit-sakit dahulu dalam menggapai tujuan kita
sambil bersenang-senang saat melakukannya

Bagaimana itu bisa terjadi?
Bagaimana kita bisa bersakit-sakit dan bersenang-senang sekalian?
Jawabku… tentu saja bisa…
Jika dan hanya jika kita mencintai apa yang kita kerjakan

Ya… Tentu saja…
Semua kita ingin melakukan sesuatu yang kita senangi
tetapi tidak tahu bagaimana caranya

Sebenarnya caranya susah-susah gampang…
Kau hanya butuh 2 hal…
Hal pertama adalah starting line
Hal kedua adalah cyclic line

Starting line adalah titik untuk memulainya…
dan semuanya dimulai ketika kau tahu tujuanmu

dan Pastikan tujuanmu itu fokus
Ingat, terlalu banyak fokus malah membuatmu tidak fokus
dan hidup yang tidak fokus sangat jauh dari “melakukan yang disenangi”

John Wesley berkata…
Meskipun saya selalu dalam ketergesaaan,
saya tidak pernah tergesa-gesa
karena saya tidak pernah mengambil banyak pekerjaan
kalau saya tidak bisa mengerjakannya dengan jiwa yang tenang

Ingat… Tujuan dan Fokus

Setelah berhasil mendapatkan dan melewati starting line, setelah kita tahu tujuan dan fokus hidup kita, kita butuh cyclic line. Dengan cyclic line, kita akan berada dalam siklus abadi, yakni siklus “kesenangan hari demi hari“.

Lalu apakah cyclic line itu?
Cyclic line itu adalah… “menyenangi apa yang kita lakukan.”

Sederhana sekali bukan?

Pertama kau cari tahu apa tujuanmu
Kemudian kau fokus dengan tujuanmu
Kemudian kau berusaha menyenangi apa yang kau lakukan
Kau berusaha menyenangi perjuanganmu dalam mencapai tujuanmu
dan semakin lama, kau semakin menikmatinya

dan akhirnya kau sadar…
“wow, aku melakukan sesuatu yang aku senangi”

dan kau tersadar untuk kedua kali…
“wow, aku menyenangi apa yang aku lakukan.”

ketiga kali…
“wow, aku menyenangi apa yang aku lakukan
karena yang aku lakukan adalah sesuatu yang aku senangi.”

dan terakir, kau sadar…
kau sadar bahwa kau sedang ada dalam cylic line
“wow, ternyata aku dalam suatu siklus… siklus kesenangan tak berujung

Sederhana bukan?
Awali dengan mencari tahu tujuanmu
Kemudian berusahalah menyenangi apa yang kau lakukan untuk mencapai tujuanmu itu

maka kau akan masuk dalam suatu siklus
siklus kesenangan hari demi hari
dan siklus itu akan membawamu mencapai tujuanmu

Alhasil…
Tujuan dapat…
Kebahagiaan pun diraih hari demi hari…

Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang SEKALIAN

Good Night  😀

Leave a Reply

