Pujian yang Mengubahkan, bagian II

Satu hal yang kupercaya
Bahwasanya peristiwa di kelompok diskusi itu bukanlah suatu kebetulan
Kalimat yang Rossa ucapkan, bukanlah sesuatu yang bisa terucap begitu saja

Mengapa?
Karena aku yakin Rossa belum cukup mengenalku

Lagipula, kala itu kami masih tingkat satu di kampus
Dan tingkat satu adalah tingkat di mana yang kukerjakan hanyalah belajar dan belajar di kamar
Tingkat satu adalah tingkat di mana aku paling menarik diri dari pergaulan
Tingkat satu adalah tingkat di mana aku paling menjauh dari organisasi

Lalu kalau begitu bagaimana mungkin dia bisa menilaiku “setia” ?
Mengapa dia tidak mengatakan “rajin” atau “serius”
atau “pendiam” karena hal itu lebih jelas tampak dariku
Apakah dia hanya asal bicara?

Aku tidak tahu, tetapi yang aku yakini:
Dia mengucapkan hal itu bukan dari dirinya sendiri
tetapi Tuhanlah yang berbicara padaku melalui dia

Karena setelah masa itu…
Tuhan membawaku kepada perjalanan panjang untuk mengenal “kesetiaan”
dan kalimat yang Rossa ucapkan adalah garis start dari SELURUH kesetiaan yang kulakukan dalam hidupku

Sebelumnya aku tidak pernah mengerti arti setia
Sebelumnya aku tidak pernah peduli dengan kesetiaan
Sebelumnya aku tidak berniat menjadi setia
Tetapi satu kalimat dari Rossa, memulai semua kesetiaan dalam hidupku

Jika kudapati hidupku setia
Tidak bisa tidak… aku akan selalu mengenang dia

dan kalau aku mati kelak dalam keadaan setia
maka kuakui, perkataan gadis itulah yang memulainya
Tuhan memulai perjalananku dari kata-kata gadis itu

Sifat yang diinginkan  pada seseorang ialah kesetiaannya
(Amsal 19 : 22)

Dan satu lagi hal yang aku pelajari
Baik dari Ibu Merry maupun dari gadis yang kusebut Rossa itu

Yakni bahwasanya…
Satu kalimat saja mampu mengubah hidup seseorang
Satu pujian saja mampu mengubah dia selamanya

dan aku menyadari…
pujian adalah sesuatu yang mahal jika diucapkan dari hati
pujian yang berasal dari pandangan “to see thet BEST in people” adalah sesuatu yang istimewa
karena dia bisa mengubah dunia seseorang
dan orang itu tak pernah akan sama lagi

Ini tentang kata-kata
Ini tentang pujian
dan kita akhiri di bagian 3

Leave a Reply

