Mahakarya_Part 1

Mahakarya_Part 1

20 Juni 2013
Aku rasa ini akan menjadi salah satu hari paling bersejarah dalam hidupku
Hari ini aku tersadarkan oleh satu hal
Hari ini aku benar-benar menyadari
bahwasanya
“Aku sangat kecil di dunia ini”

Aku belum pernah merasakan “beku” seperti ini
Aku tidak pernah menjadi “takut” seperti yang kurasakan malam ini

Semua bermula dari hari kemarin
Selama dua bulan ke belakang aku sedang menjalani on the job training
Kami harus melewati 4 kali OJT sebelum dinyatakan menjadi karyawan permanen

Puji Tuhan, aku mendapat nilai yang sangat memuaskan untuk OJT I
dan tentu saja aku ingin melanjutkan kesuksesan itu di OJT II

Dua bulan OJT II pun kulalui, dan aku yakin, aku benar-benar menguasai topik ini
Aku yakin, dua bulan sudah cukup bagiku
untuk menyamakan level dengan engineer berpengalaman 5 tahun,
untuk topik yang sama pastinya

Aku tidak ingin melebih-lebihkan
Aku juga tidak mau sombong di hadapanmu
Aku tak mengenalmu dan kau tak mengenalku, untuk apa aku sombong padamu?
Satu-satunya alasan aku mengatakan ini adalah
karena aku ingin kaupun sadar, bahwa kaupun bisa melakukan itu

Kau tidak perlu menunggu 5 tahun
untuk menyamakan kemampuanmu dengan seorang yang berpengalaman 5 tahun…
sungguh

Dan aku siap membuktikannya kali ini
Aku mempersiapkan semuanya
Dan, aku rasa, aku telah membuat presentasi paling baik selama hidupku, sampai saat ini

Aku melakukan dry run di hadapan para engineer, dan aku mendapat respon yang sangat positif:
“Presentasi kamu bagus sekali”

“Presentasi kamu lengkap sekali, semua ini tercakup di dalamnya”

“Dulu aku melakukan topik yang sama pas OJT 6 bulan, tapi Richard bisa melakukan dalam 2 bulan”

“Richard, pokokonya you’re one of my favourite lah”

dan satu yang paling kusuka:
Richard, presentasimu sangat mencerminkan passionmu.”

Puji Tuhan, aku semakin percaya diri untuk menghadapi sidang
Dan pagi ini, di hadapan para manager, aku kembali berpresentasi

Aku sangat menikmati saat-saat presentasiku
Aku melihat para manager penasaran akan kelanjutan dari masing-masing slide yang kutampilkan
Dari mata mereka, dan dari mata para engineer juga,
aku mendengar “suara” mereka mengatakan:
“Selama sekian tahun aku melakukan pekerjaan yang sama,
aku belum pernah melakukan seperti yang anak ini lakukan”

Dari mata mereka aku tahu bahwa:
“aku sedang mengajarkan hal baru ke mereka,
padahal mereka sudah melakukan hal yang sama bertahun-tahun”

Ya, aku belajar dari mereka
Aku menggunakan software yang sama dengan yang mereka pakai
Aku bersama mereka
Aku melihat pekerjaan mereka
Dan dari sana aku tahu
Aku melihat sesuatu yang tidak mereka lihat
Aku melihat lebih dalam dari yang mereka lihat
Aku tahu, rutinitas membuat mereka acuh terhadap hal kecil

Dan aku mengubah hal kecil, hal detail itu,
menjadi sesuatu yang mencengangkan mereka

Dan aku berhasil
Baik di hadapan para engineer
Maupun para manager

Aku gembira sekali
Memberikan sesuatu dengan sepenuh hati
Dengan sekuat tenaga
Dan berhasil… merupakan sensasi yang luar biasa

Sungguh ruginya engkau saudaraku
Jika sampai umurmu yang sekarang ini kau belum merasakan itu

Kemudian…
Aku hendak merayakan kesuksesan ini dengan menonton “Man of Steel”

Aku berangkat dengan hati senang

Aku melangkah dan melangkah
Tanpa menyadari bahwa sesaat lagi duniaku akan terguncang

to Part II

Leave a Reply

