Mahakarya_Part 2

Mahakarya_Part II

Aku pun membeli tiketnya untuk jam 18.30
Aku makan
Aku pulang
Mempersiapkan diri dan berangkat
Sampai di bioskop
Duduk dan siap menonton

Acaraku malam ini adalah untuk selebrasi sidangku hari ini
Tentu saja rasa lega, senang, dan bangga masih ada di dadaku

Aku semakin teguh dalam hati
“Ayo Richard, give your best shot, give your Masterpiece, always
“Ayo Richard, jadikan setiap harimu sebagai Mahakaryamu

Dan film pun mulailah
Cukup beberapa menit saja dari film ini diputar

Aku mulai terdiam
Aku mulai beku
Aku tercengang
Aku terbelalak
Aku belum pernah merasakan seperti ini sebelumnya

Apakah aku sedang berada di bawah sihir?
Tidak
Lalu mengapa aku merasa seperti ini?

Itu karena aku sedang melihat sesuatu yang ISTIMEWA

Sungguh, aku tidak mau melebih-lebihkannya
Tapi aku rasa, aku belum pernah menonton film yang lebih bagus dari ini

Aku sangat menikmati setiap detiknya
Tetapi bersamaan dengan itu
Aku merasa, setiap detiknya, aku semakin “takut”
Aku merasa, setiap detiknya, aku semakin kecil

Di saat orang-orang di sebelahku terhanyut dalam cerita
Aku terlarut dalam perenunganku

Aku merasa kecil
Kecil sekali

Film ini…
Siapa produsernya?
Siapa sutradara yang berada di belakangnya?
Siapa penulis dari cerita ini?
Siapa animatornya?

Are they gods? Apakah mereka dewa?
Jika tidak, mengapa film ini seluaaaaarrrr biasaaaaa ini?

Aku menikmati ketegangan film ini
Tetapi jauh dibanding kenikmatan itu
Aku lebih menikmati adanya “passion” yang tertuang di film ini

Film ini…
Aku yakin… mereka membuatnya bukan untuk uang
Tetapi untuk kesempurnaan

Mereka membuatnya untuk kesempurnaan
Karena di dalam kesempurnaan mereka menemukan passion mereka
Karena kesempurnaan itulah passion mereka

Ya…
Aku tersihir oleh film ini
Aku merasakan jerih payah mereka
Aku terhanyut dalam tumpahan passion dan kecintaan mereka

Selama aku menyaksikannya
Aku seperti mendengar sang animator berkata:
“astaga… penonton tidak tahu betapa lelahnya aku membuat ini,
tetapi lihatlah hasilnya

Aku seperti mendengar tangisan bangga sang kameramen:
“penonton pasti tak menyangka berapa kali aku disuruh mengulang take
hanya untuk memuaskan sisi perfeksionis sutradara,
tetapi lihatlah hasilnya

Aku seperti mendengar para pemeran berteriak:
kami lelaaahh sekalitetapi lihaaaatlaaaah hasilnya

dan aku seperti mendengar sang sutradara berbicara pelan:
kami semua sangat terbebani oleh kesempurnaan yang kami inginkan,
kami lelah… lelah sekali… tetapi, lihatlah dunia, ini mahakarya kami

Aku dilanda oleh sisi perfektionis mereka
Dan itu menginspirasiku, memotivasiku, it rocked my world

Dan itu semua membuat kebangganku yang baru saja kurasakan tadi siang, menciut
Aku kira aku sudah membuat mahakarya
Tetapi dibandingkan apa yang dibuat oleh Nolan (sang Produser) ini,
Jauuuuhhhh mengalahkan mahakaryaku

Aku kira aku sudah memberikan yang terbaik dariku
Tetapi yang Nolan berikan untuk mahakaryanya,
terlalu tinggi dibandingkan apa yang kulakukan untuk mahakaryaku

Christopher Nolan
~Dark Knight… Dark Knight Rises… Inception… The Prestige~
Orang macam apa dia ini?

Dia sungguh-sungguh meyakinkanku bahwa “aku masih terlalu kecil”

Dan aku senang bisa mengetahui itu sekarang
Aku senang melihat kelemahanku
Aku melihat adanya celah
Celah di mana aku bisa mengembangkannya

Ya…
Aku ingin mengejarnya
Aku tidak akan menyia-nyiakan hidupku
Setiap hari… akan kujadikan Mahakaryaku

Suatu saat nanti…
Akan kubuat Mahakarya yang mengalahkan Mahakarya-nya Nolan

Mahakarya Nolan… menghibur orang-orang seisi dunia ini
Aku harus mengalahkan dia
Mahakaryaku… harus berguna bagi orang banyak

Dan inti dari semua ini adalah:

Don’t waste your life
Don’t waste your time
Don’t waste everything

Pursue the perfection

Make your everyday… your Masterpiece

because not having experienced the “legendary feeling” you got after giving your best,
how pity you are?

You have grown stronger here than we ever could have imagined.
The ONLY way to know how strong… is to keep testing your limits.
~Jor-El~

Leave a Reply

