Oskar Schindler (Last Part)

Oskar Schindler Grave
Makam Oskar Schindler
yang ditaburi batu-batu oleh Schindlerjurden

~Whoever saves a single soul , saves the world entire~

Setelah pengumuman dari Winston Churchill beredar,
bahwa perang telah berakhir dengan kekalahan Jerman,
Schindler memberikan pidato terima kasihnya di hadapan para pekerja Yahudi-nya

Setelah itu, Schindler dan istrinya memutuskan untuk melarikan diri ke Barat
Sebab mereka, yang adalah anggota Nazi, menjadi buronan tentara Rusia
Beberapa orang Yahudi dipilih untuk mengawal jalan mereka

Sebelum berpisah
Orang-orang Yahudi tersebut memberikan sebuah cincin emas kepada Schindler
Cincin itu dibuat dari gigi palsu emas dari seorang pekerjanya, Simon Jereth
Pada bagian dalam cincin itu, terukir sebuah kutipan dari Kitab Talmud
yang dalam bahasa Ibrani berarti:
Whoever saves a single soul , saves the world entire

Selain itu, orang-orang Yahudi juga membuat surat pernyataan (testimoni)
Yang ditandatangani oleh mereka semua
Yang menyebutkan bahwa Schindler adalah orang yang baik
Mereka berharap surat itu bisa menyelamatkan Schindler
kalau-kalau dia tertangkap tentara Rusia dalam pelariannya

Semua itu digambarkan dengan sangat baik dalam film Schindler’s List
dan setelah kutelusuri, itu semua fakta yang terjadi

Tetapi ada bagian lain yang sangat menyentuh dalam film ini
Aku belum menemukan kronologis sebenarnya dalam perpisahan Schindler
Tetapi dalam film ini diceritakan bahwa
setelah Schindler menerima cincin emas itu, dia berbisik pada Stern, asistennya

Oskar Schindler:
Aku seharusnya bisa menyelamatkan lebih dari ini.
Aku seharusnya bisa menyelamatkan lebih dari ini. Aku tidak tahu
Seandainya saja…. (Schindler mulai menangis)
Aku seharusnya bisa menyelamatkan lebih dari ini

Seandainya aku bisa menghasilkan lebih banyak uang…
Aku menghabiskan sangat banyak uang. Kau tidak tahu
Seandainya aku…
Aku belum melakukan apa-apa

Mobil ini (Schindler mendekati dan menunjuk ke mobilnya)
Goeth seharusnya sempat membeli mobil ini
Untuk apa aku membawa mobil ini
Mobil ini senilai harga sepuluh orang
Seharusnya aku bisa membeli sepuluh orang lagi
Seharusnya aku bisa menyelamatkan sepuluh orang lagi

Pin ini… dua orang
Ini terbuat dari emas… dua orang lagi
Aku seharusnya bisa menyelamatkan dua orang lagi, paling tidak satu orang
Satu orang, Stern… Satu orang…. dengan benda ini
Aku seharusnya bisa menyelamatkan lebih… satu orang lagi
tapi aku tidak melakukannya , aku tidak melakukannya

dan akhirnya Schindler tak kuasa menahan tangisnya
Scene ini benar-benar menyentuh,
terima kasih pada sutradara Steven Spielberg dan Liam Neeson sebagai pemeran
Aku belum menemukan apakah adegan ini hanya ada di film saja
Tapi aku percaya bahwa ini benar terjadi
Karena film ini diangkat dari sumber yang terpercaya
dan sangat banyak detail yang sesuai dengan fakta sejarah

Dan kalau benar semua ini
Betapa mulianya hati Schindler
Dia benar-benar berubah

Akhirnya, Schindler bersama isterinya pergi meninggalkan pabrik itu

Sayang sekali
Setelah semua itu
Dia gagal dalam pernikahannya
Dan banyak kali dia menemui kegagalan dalam bisnis-bisnis yang dia bangun

Pada tahun 1958
Schindler dinyatakan sebagai “The Righteous Among The Nations”
di konsili Yad Vashem di Yerusalem

Di akhir hidupnya
Schindler menderita penyakit jantung dan liver
Dia wafat 9 Oktober 1974, pada usia 66 tahun

Dia wafat dalam keadaan miskin
Biaya rumah sakitnya ditanggung oleh badan sosial di Hildesheim, kota di mana dia dirawat

Sebelum dia meninggal
Schindler menyatakan keinginannya untuk dimakamkan di Yerusalem
Dia berkata “My children are here”
Schindler-pun dimakamkan di pemakaman Katolik di Mount Zion (Bukit Sion)
Sebuah penghargaan yang luar biasa

1389.8 Holocaust H
Potret dari Amon Goeth yang telah ditangkap

Amon Goeth akan dihukum mato
Setelah Amon Goeth dinyatakan akan dijatuhi hukuman gantung
Dia ditangkap saat menjadi seorang pasien di sanatorium di Bad Tolz
Goeth digantung di Krakow dengan dakwaan kejahatan pada kemanusiaan

schindler in later life
Schindler di usia tuanya

schindler2
Schindler di Yad Vashem
Pohon itu ditanam di “Avenue of the Righteous”
Sebuah penghargaan atas jasa Schindler

leonleyson
Leib Lejzon (nama asli)
Leon Leyson (setelah berganti nama)
Dia adalah Schindlerjurden paling muda
Pada saat itu dia masih berusia tiga belas tahu
Leyson mempunyai kenangan indah bersama Schindler
Schindler sering menyebutnya “little Leyson”
Pada tahun 1972, saat reuni Schindlerjurden,
Leyson bertemu dengan Schindler
Pada saat itu, Leyson ragu kalau Schindler masih mengingatnya
Tetapi Schindler mengenalnya dan berkata:
I know who you are… You are little Leyson …!
Leyson wafat pada usia 83 tahun di Amerika

561595_163890020414855_136690142_n
Schindler family reunion (di masa lalu)

Schindler_080923_group-web_1758_
Schindler family reunion (2008)

Leave a Reply

