Oskar Schindler (Penutup)

Oskar Schindler merupakan orang yang berhati mulia
Dia adalah contoh orang yang mengalami transformasi oleh belas kasihan

Kasih membuatnya mengorbankan sangat banyak hal
Kasih memampukannya untuk
melepaskan apa yang selama ini dia anggap berharga

Walaupun berakhir dalam kemiskinan
Schindler pernah mengecap kekayaan
Dia, di suatu waktu, pernah menjadi orang sukses menurut versi-nya
Menjadi kaya raya
Menghasilkan uang banyak
Itulah tujuan awalnya dan dia sukses dengan ambisinya itu
Tetapi akhirnya dia sadar
Bahwa semua itu tidak lebih berharga
Semua itu sia-sia

Kasih menyadarkan kita
Bahwasanya tujuan kita hidup di dunia ini bukan untuk “sesuatu”
Melainkan untuk “seseorang”

Kasih membuat kita paham
Bahwasanya kita hidup bukan untuk kekayaan
Bukan untuk uang
Bukan untuk kesuksesan
Bukan untuk mengejar hikmat (ingat Salomo)
Bukan untuk “benda-benda”
Melainkan untuk “jiwa-jiwa”

Inilah yang menjadi mimpiku selama ini
Ketika kubayangkan kehidupanku di masa yang akan datang
Jikalau aku mengejar uang, karir, dan kesuksesan versi dunia

Katakanlah aku menjadi engineer
Menjadi manager
Menjadi general manager
Menjadi direktur
Menjadi CEO
Lalu apa?
Apa istimewanya?

Aku tidak menemukan signifikansi di dalam semua itu
Kemudian aku mati… and that’s it…
You know?
That’s it… itu saja… what’s the point?
Akupun hilang…. benar-benar hilang dari dunia ini
Tanpa ada seorangpun yang mengenang
Astaga, aku tidak mau hal itu terjadi

Inilah mimpiku selama ini
Yaitu aku ingin hidupku berarti bagi banyak orang
Aku ingin dunia, ya dunia ini, melihatku… mengenangku…

Bill Gates bisa melakukannya
Steve Jobs bisa melakukannya
The Beatles, Michael Jackson, you name it….
Bahkan orang seperti Hitler bisa melakukannya
Mengapa aku tidak?

Aku mau melakukan perkara besar di dunia ini
Aku tahu, tidak semua orang bisa melakukan perkara sebesar itu
Dan mungkin, aku salah satu orang yang tidak memiliki kemampuan untuk itu
Tetapi seperti kata Bunda Terasa
Tidak semua orang bisa melakukan perkara besar
Tetapi semua orang bisa melakukan perkara kecil dengan kasih yang besar

Dan yang aku yakini
Segala sesuatu yang dikerjakan dalam kasih
Akan membuahkan sesuatu yang besar

Aku ingin ketika aku mati kelak, banyak orang akan mengenangku
Tetapi bukanlah “menjadi terkenal” yang aku inginkan
Sungguh, itu tidak penting buatku
Yang aku mau bukanlah “ menjadi orang yang terkenal
Melainkan “ menjadi orang yang berarti

Aku tahu
Jika aku harus mewujudkan mimpi itu
Pasti akan sangat banyak hal yang aku korbankan
Tetapi pada saat yang sama aku juga tahu
Kalau aku benar-benar diciptakan untuk itu
Pastilah aku menemukan kebahagiaan di dalamnya
Pastilah aku bisa bersukacita dalam pengorbanan dan kesakitan itu

Suatu kutipan yang menggugahku
Ketika Cat Woman menegur Batman
Dia berkata:
Come with me. Save yourself
You don’t owe this people anymore.
You’ve given them everything

Tetapi jawab Batman:
Not everything. Not Yet

Itu mengingatkanku pada perkataan Yesus:
Tidak ada kasih yang lebih besar
dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.
Kamu adalah sahabat-Ku…
(Yohanes 15:13-14a)

Bagaimana denganmu dan denganku?
Apakah kita puas dengan pengejaran akan hikmat dan kekeyaan semata?
Apakah fokus dan visi kita masih tertuju pada sesuatu?

Ataukah kita mau memiliki arti dalam dunia
sehingga sekalipun kita sudah tidak ada lagi di dunia ini,
akan selalu ada orang-orang yang mengenang kita
akan selalu ada orang yang menganggap kita berarti dalam hidup mereka

From zero to hero
dan pencarian kita berlanjut
kepada tokoh berikutnya

tumblr_m4ivq5cEZK1qjfjato1_500

2 thoughts on “Oskar Schindler (Penutup)

Leave a Reply

