Take My Heart

09253616c7465645f5f3e61164a0f5a978b7500c15256b61f93da5d05857aca6a5432e93c21d0f8456ee966d7b82fce55a1888e31

Rahasia kehidupan adalah merelakan
Rahasia kasih adalah menunjukkannya
Di dalam setiap yang kulakukan
Di dalam setiap yang kukatakan
Di sini dan saat ini juga

Kuasa doa ada di dalam tangisan rendah hati
Kuasa perubahan ada di dalam penyerahan hidup
Dan meletakkanya
Di bawah kaki-Mu
Di sini dan saat ini juga

Ambil hatiku
Ambil jiwaku
Kupersembahkan semuanya ke dalam kendali-Mu
Dan biarlah semua yang ada di dalamku
Terangkat pada-Mu dan berkata
Aku milik-Mu dan milik-Mu saja
Seutuhnya

Kutipan lagu : Completely by Ana Laura

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Ryle

Lagu ini begitu powerfull
Cobalah untuk merenung sambil mendengarkannya
Sungguh indah dan mengajarkan sesuatu yang berharga kepada kita

Suatu ketika, aku mendengarkan lagu ini
Kemudian, pikiranku langsung tertuju pada satu baris
“Take my heart”

“Ambil hatiku”, demikianlah cara kita biasa menerjemahkannya
Kemudian aku berpikir, “apa sih artinya ambil hatiku?
Jatuh-jatuhnya, “ambil hatiku” kembali hanya menjadi suatu kalimat yang abstrak
Dari situ, pikiranku beranjak dan aku berpikir

Bagaimana jika aku menggantinya menjadi “ambil jantungku”
“Hmmm, aku rasa seharusnya memang diterjemahkan seperti itu”
, kataku dalam hati

Memikirkan hal itu, aku langsung tersentak
Aku membayangkan bagaimana aku mengambil jantungku
Dan memandangnya berada di kepalan tanganku
Jantungku penuh darah dan sedang berdetak
Kemudian aku memberikannya kepada Tuhan, seutuhnya

Ketika Tuhan menggengamnya,
Sedikit saja gerakan dari jari-Nya sudah terasa oleh jantungku itu
Aku langsung merasa sakit, daerah dadaku langsung terasa nyilu
Aku berkata kepada Tuhan,
“aduh aduh Tuhan sakit, tolong pelan-pelan digenggamnya ya Tuhan”

Tuhan berkata, “Hahaha. Baik tenang saja, anak-Ku.”
Tetapi ternyata Tuhan seperti meremas jantungku.
Aku berteriak, “Aduuuuuhhhh Tuhan sakit sekali.”
Tuhan menjawabnya,
“Tenanglah, AKU, ya AKU ini yang sekarang memegang jantungmu!”

Aku tahu Tuhan bisa melakukan apa saja yang Dia suka dengan jantungku yang rentan
Kalau Tuhan mau, Dia bisa mencubit jantungku
Kalau Tuhan mau, Dia bisa meremas jantungku
Kalau Tuhan mau, bahkan Dia bisa membuat jantungku tak berdetak lagi
Dan jika itu terjadi, aku pasti akan merasa kesakitan

Tetapi apapun yang Dia lakukan, satu hal telah jelas, yakni:
Aku sudah tidak memiliki jantung lagi

Ya, itulah hal yang ada di dalam bayanganku
Dan aku yakin, seperti itulah jalan hidup orang benar
Ketika kita hendak menjadi seorang pengikut Yesus, bukan sekadar penggemar
Maka kita harus memberikan “jantung” kita kepada-Nya

Dengan kata lain, kita menyerahkan semuanya
Dan itu termasuk hal yang paling penting bagi kita, kepada Tuhan
Ingat, jantung kita sudah tidak tersimpan di dalam rongga dada kita lagi

Kita harus membiarkan hidup kita terbuka
Kita harus membiarkan hidup kita vulnerable di hadapan Tuhan

Terkadang kita berkata:
“Tuhan Yesus, aku akan setia mengikut Engkau,
tetapi tolong, untuk satu hal ini saja, jangan usik cita-citaku.”

atau
“Tuhan Yesus, aku mengasihi-Mu, masuklah dalam hidupku,
ubahlah hatiku, tapi tolong, berikan aku kebebasan mengatur uangku.”

atau
“Tuhan Yesus, aku siap mengorbankan semuanya,
kecuali satu, mohon ya Allah, jangan minta satu hal itu untuk kukorbankan.”

Kebanyakan dari kita tidak keberatan jika Yesus mengadakan beberapa perubahan dalam hidup dan karakter kita
Tetapi Yesus ingin memutarbalikkan hidup kita

Ketika Yesus hadir dalam hidup kita
Kita hanya bersedia untuk Dia mengadakan beberapa penyesuaian kecil
Tetapi Yesus ingin merombak hidup kita besar-besaran

Kita siap Tuhan Yesus mempercantik hidup kita dengan memoles-moles sedikit
Tetapi Yesus ingin mempercantik kita dengan pembentukan ulang

Itulah arti dari “Take my heart” atau “Lord I give you my heart”
Dia mau memiliki organ yang memompa darah kita
Dia mau memiliki organ yang karenanya kita bisa hidup
Dia ingin mengusai seluruh hidup kita, bukan separuh-separuh
Dia mau membuat keputusan-keputusan untuk hidup kita

Tuhan bebas masuk dalam hidup kita
Tuhan bebas mengubah-ubah semua rencana kita
Tuhan bebas mengorek tabungan kita dan memberikannya pada orang miskin
Tuhan bebas “memporak-porandakan” cita-cita kita

Fiiiuuuuuuhhhhhh….
Berat bukan?
Berat sekali

Tapi itu terasa berat karena kita memandang kemampuan kita sendiri
Cobalah ambil 5 detik
Tanyakan hal yang sama, “berat bukan?”
Tetapi kali ini, jangan kau pandang dirimu
Tetapi pandang Dia, Allah-Mu, Ayah-Mu, Guru-Mu, Tuhan Yesus-Mu
Ingatlah, Dia kini yang memegang jantungmu

Ooohhhh…
Sungguh betapa jauh lebih aman jika “jantung” kita Dia yang pegang

a7c69dc13828bebbc138ffa387622db9

Sekalipun dagingku dan “jantung”ku habis lenyap,
gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

#Mazmur 73:26

2 thoughts on “Take My Heart

Leave a Reply

