Produktif dan Efektif (2)

Bagaimana kita menjawab pertanyaan:
“Apa yang sudah kamu lakukan dalam seminggu ini?”
atau
“Sudah sejauh mana kau berkembang sebulan ini?”

Pertanyaan itu, tidak hanya akan berasal dari luar dirimu
Kaupun patut menanyakan hal yang sama pada dirimu sendiri
Dan pastinya, dirimu 30, 40, 50 tahun lagi,
pasti ingin mengingat apa-apa saja yang sudah dia lakukan di masa yang lampau
which is now

Sebagian orang membuat diari… tapi aku tidak suka diari
Sebagian orang membuat RENCANA harian
Sebagian orang membuat task to do per minggu, per hari, bahkan per jam
Aku pernah membuatnya dan memang terasa cukup berguna
Tetapi yang aku rasakan, aku menghabiskan terlalu banyak waktu
untuk merencanakan apa yang aku lakukan besok jam sekian, lusa jam sekian, dst.
Dan ujung-ujungnya, walau sudah berpikir keras dan memakan banyak waktu,
aku terkadang melanggarnya sendiri

Jadi aku putuskan, aku tidak akan meneruskan kebiasaan itu
#Aku tidak membujukmu untuk meninggalkannya juga
#Percayalah, membuat task to do adalah sesuatu yang baik
#Hanya saja, tidak cocok buatku

Lalu apa yang kulakukan?
Yang kulakukan adalah ini:

Aku tidak menuliskan RENCANA-RENCANAku per hari, tetapi
Aku menuliskan HASIL-HASILku per hari

Hal ini sangat membantu dan sekaligus menyenangkan mengerjakannya
Jika aku tidak menghasilkan apa-apa untuk satu hari, maka aku akan segera tahu
Dan akan segera me-warning diriku sendiri untuk segera berubah

Cukup gunakan spreadsheet, dalam hal ini excel
Dan beri nama file-mu dengan nama yang menarik
Seperti: “Hari-hariku” atau “Menjadi efetif tiap hari” atau “Pencapaianku”
Adapun aku, aku menamakannya “My Milesone

Kemudian, buat beberapa kategori bidang yang ingin kau improve
Buatlah tabel atau kolom yang cocok untuk memuat kategorimu, sederhana sekali
Contoh yang kubuat:

Capture

Aku punya 5 kategori, yang kutandai dengan 5 warna berbeda di excel, yakni:

1. Routine job (kuning)
Setiap kali aku belajar menggunakan software untuk kerja dan menemukan fitur baru
Maka aku akan menuliskannya di file My Milestone-ku itu

2. Reading paper (biru)
Bagi seorang engineer dan mahasiswa sejati,
membaca banyak jurnal adalah prestasi yang menyenangkan
Hitung-hitungan sederhana, jika kau bisa membaca 2 jurnal ilmiah per hari dalam setahun
Maka kau bisa membaca 700 lebih jurnal ilmiah, Bayangkan!!!
Karena itu, setiap jurnal yang kau baca,
tuliskanlah setiap judulnya di file-mu
supaya di akhir tahun kau tahu berapa banyak jurnal telah kau baca
Dan itu akan memicumu untuk lebih lagi di tahun yang mendatang

3. Writing in My Blog (hijau)
Bagiku, menulis blog bukanlah ajang curhat
Bagiku, menulis blog bukanlah ajang cari muka
Mungkin ada satu dua orang, atau lebih, yang gerah melihat blog-ku
Mungkin akan ada orang yang mengira aku cari sensasi
Tetapi aku tidak peduli, asalkan ada 1 orang saja yang terinspirasi oleh blog-ku
Asalkan ada 1 orang saja yang membaca blogku dan merasa terberkati
Maka aku akan terus menulis di blog
Dan karena itu, tiap judul artikel yang kutulis, akan kucatat di My Milestone
Suatu saat kelak, aku akan melihat dan mungkin akan tersenyum
Saat aku mengatakan “Wah, ternyata aku pernah menulis semua ini”

4. Having quality time with familiy or friends (pink)
Setiap kali kau mengobrol dengan orangtuamu di telepon
Setiap kali kau chatting dengan kawanmu
Jika kau menghabiskan waktu yang cukup lama untuk itu, let’s say di atas setengah jam
Dan jika topik yang kalian bicarakan adalah topik yang membangun (bukan gosip, dsb.)
Maka catatlah itu sebagai suatu pencapaian harian yang berarti
Jika kau mendengarkan si A curhat
Jika si B meminta nasehatmu
Catatlah namanya dan catatlah topik utama yang kalian bicarakan
Suatu saat catatan itu, lengkap dengan nama dan topiknya,
akan membuatmu tersenyum
#Mungkin kau akan bangga mengetahui pernah ada yang “berkonsultasi”
tentang teman hidup padamu, ahahahahahha

5. Spiritual Activity (ungu)
Ada macam-macam kegiatan spiritual yang layak kita dokumentasikan
Tentu saja tidak perlu mencatat bahwa kita sudah berdoa ini atau itu, itu sudah biasa
Kalau aku, belakangan aku membaca buku rohani (sebut saja ini termasuk spiritual activity),
Dan aku rasa perlu aku mencatat pencapaian harian setiap kali aku membaca 1 bab
Di masa depan kelak, aku yakin aku akan senang melihat buku apa saja yang sudah aku baca
Tentu ada banyak kegiatan spiritual lainnya yang layak kita catat
Silakan Anda tentukan sendiri

Dan tentu masih banyak kategori lain
Silakan Anda buat sendiri kategori-kategori yang menurut Anda penting

Lakukan ini
Catat semua pencapaian harian kita
Ini akan membuat kita menghargai hari demi hari
Ini akan membuat kita mencintai waktu kita dan berjuang memanfaatkannya
Ini akan membuat kita terpicu membuat sejarah tiap hari

Buatlah segera catatanmu
Kita buat diri kita 10, 20, 30, 40, 50 (Amin) tahun lagi
tersenyum dengan pencapaian harian kita

Dan pastinya…. Tanda seru besar!!!!!
PASTIKAN EXCEL ANDA TERISI !!!!

Semoga kita menjadi orang yang berguna bagi orang-orang di sekeliling 😀

4 thoughts on “Produktif dan Efektif (2)

    • 🙂

      Mantap Sandra, silakan mencoba yah Dek…
      Ingat, pastikan excelmu terisi tiap hari, ahahahahhaa

      Dan silakan memodif2 tabelnya sesuai seleramu

      Oh ya, selamat sudah S.T. yah, udah lulus harus makin produkfit 😀

      JBU Dek

Leave a Reply

