Produktif dan Efektif

Menjadi produktif dan efektif
Aku rasa itu keinginan semua orang

Adapun aku
Aku punya rumus tersendiri perihal produktif dan efektif ini
Mungkin tidak aplikatif untuk semua orang
Tapi setidaknya untuk diriku, aku rasa prinsip ini sering terbukti benar

Bagiku, waktu yang efektif dan produktif
adalah waktu di mana kita tidak akan mengatakan:
“Tidak terasa yah sudah setahun, atau seminggu, atau seterusnya

Waktu yang efektif dan produktif, menurutku
ditandai ketika:
1. Kita merasa bahwa waktu berlalu LAMA, dan
2. Kita menikmati proses yang terjadi di dalam kurun waktu itu

Kalau kau merasa bahwa waktu lama berlalu tetapi kamu tidak menikmatinya
Kemungkinan kamu BUKAN sedang menggunakan waktu dengan efektif dan produktif
Justru kamu menyia-nyiakan waktu dengan sesuatu yang tidak kamu senangi

Sebaliknya
Jika kamu merasa waktu berlalu begitu CEPAT
Tapi pada saat yang sama, kamu sangat MENIKMATI waktu yang berlalu
Mungkin saja kamu hanya menghabiskan waktu untuk party, untuk tidur-tiduran,
untuk having fun, atau untuk hal-hal indah lainnya yang memang menarik
tetapi tidak memproduksi apa-apa yang bernilai guna bagi dirimu maupun orang lain
Dan dipenghujung waktu kau akan berkata:
“Waahhh, tak terasa yah, sudah selesai aja…”
“Waaahhh, kembali ke dunia nyata juga nih gw…”

Sudah cukup lama aku memegang prinsip ini
Dan sekali lagi aku merasakannya teruji valid
Dalam 2 minggu ini aku sedang ada kegiatan sampling di lapangan
Karena semua lancar, aku bisa menyelesaikannya dalam 1 minggu

Alhasil aku punya waktu 1 minggu yang senggang di kantor @ lapangan
Dan tentu saja, aku tidak mau menyia-nyiakan waktu
Aku belajar semua hal yang selama ini tidak sempat aku baca

Kini, aku sudah berada di penghujung 2 minggu ini
Dan ketika aku mengingat 2 minggu yang lalu
Nampaknya waktu berlalu lama sekali
Nampaknya waktu terasa lebih dari 2 minggu

Aku merasakan hal itu bukan karena aku tersiksa dan bosan di lapangan
Justru aku sangat menikmati 2 minggu di lapangan ini

Jadi, kalau aku tidak bosan, lalu namanya apa?
Bukankah merasakan waktu berjalan begitu lambat adalah tanda-tanda kita bosan?
Itulah apa yang kukatakan di awal tadi…
Karena aku merasakan waktu berjalan lambat tetapi aku menikmatinya,
maka kemungkinan besar aku telah menggunakan waktuku dengan efektif dan produktif

Dan aku mencoba mengingat-ingat,
emangnya apa yang sudah aku lakukan dalam rentang waktu HANYA 2 minggu ini?
Ternyata dalam 2 minggu ini,
aku merasakan perubahan yang signifikan terjadi pada diriku

Dua minggu yang lalu…
Aku tidak bisa merancang electric submirsible pump
Dua minggu yang lalu…
Aku tidak bisa merancang gas lift

Tetapi, cukup dengan 1-2 minggu yang lowong
Kini aku sudah mengerti bagaimana cara merancangnya

Sebagai seorang engineer, apalagi yang bukan berasal dari teknik perminyakan
Aku merasakan itu adalah improvement yang luar biasa
Thanx to :
waktu yang senggang dan motivasi/ambisi untuk segera memahami sesuatu

Bagaimana denganmu?
Apakah kau tipe orang yang selalu mengatakan
“Tak terasa yah sudah…. blah blah blah….”

Bagaimana jika kini aku bertanya kepadamu…
Improvement apa yang sudah terjadi padamu dalam 2 minggu ini?
Bisakah kau menyebutkan apa saja?

Tidak semua orang bisa menjawab pertanyaan itu dengan memuaskan
Aku pun begitu
Aku rasa jika aku ditanyai seperti itu, jawabanku tidak akan memuaskan
Setidaknya tidak akan memuaskan diriku sendiri

Yap, aku ingin tahu apa saja yang sudah aku lakukan selama ini
Aku ingin tahu apakah aku sudah produktif dan efektif?
Ataukah aku hanya menggunakan waktuku dengan bodoh
That’s why, kita butuh alat sederhana untuk bisa mengukurnya
Dan semoga kita bisa membahas itu di artikel berikutnya 🙂

Akhir kata…

Mari efektif
Mari produktif
Semoga kita menjadi orang yang berguna 🙂

Leave a Reply

