Beliau

Aku bersyukur dengan pesan yang kudapatkan di gereja kemarin
Sayangnya, pesan itu berasal dari penderitaan yang dirasakan orang lain

Pagi itu, di gereja, diumumkan bahwa akan diadakan Kebaktian Natal Pooling pada tanggal 7 Desember 2013
Feeling awesome to the max lah karena puji Tuhan pada tanggal itu aku tidak sedang bertugas di lapangan
Oh ya, teman-teman pada datang yah Natal GII Hok Im Tong di Balai Sarbini, pukul 17.00 😀

Aku sangat excited dengan acara ini.
Sebenarnya bukan saja karena ini momen Natal gitu loh dan karena bangunannya yang megah
Tetapi juga karena yang menjadi pembicara adalah Bapak Albert Rumbo

Aku tidak mengidolakan beliau seakan-akan semua hikmat yang beliau punya berasal dari dirinya sendiri. Tetapi aku benar-benar kagum dengan beliau dan tiap kali beliau berkhotbah, kerasa banget bahwa beliau menyampaikannya benar-benar dari hatinya. Dan kekagumanku juga tidak terlepas dari kenyataan bahwa bapak ini sebelumnya adalah pebisnis yang akhirnya meninggalkan bisnisnya demi melayani Tuhan penuh waktu.

Akan tetapi suatu kabar menyedihkan datang
Ternyata beliau sedang sakit
Dan bukan sakit sekadar penyakit, ditemukan ada tumpukan daging yang tumbuh di sekitar hidungnya
Apakah itu tumor, apakah itu kanker?

Aku tidak tahu
Yang jelas minggu depan beliau akan ke Hongkong untuk kemoterapi
Nampaknya kita sudah bisa menduga penyakit apa itu 😦

Pendeta Budi, Gembala Gereja, menyampaikan bahwa Pak Rumbo mengatakan bahwa dia akan membutuhkan waktu 5-6 bulan untuk perawatan. Satu bulan pertama beliau akan perawatan satu minggu sekali (jika aku tidak lupa) dan bulan-bulan berikutnya, beliau akan menerima perawatan setiap hari.

Mendengar itu hatiku sedih sekali
Such a Godly man, harus menderita penyakit itu di masa tuanya
Tidak hanya itu, mau tidak mau beliau harus merelakan waktu-waktunya untuk berbaring di rumah sakit
Ini pasti sangat memukul batinnya
Semoga Tuhan menguatkan beliau

Dan satu hal yang luar biasa dari beliau
Beliau berkomitmen untuk tetap berkhotbah di Natal 7 Desember nanti
Apapun yang terjadi di masa depan, aku yakin itulah yang terbaik untuk kita semua
Tapi hatiku mendukung penuh kerinduan beliau

Dan terakhir, yang mengguncang hatiku
Walaupun minggu depan sudah harus ke Hongkong dan seharusnya hari-hari ini beliau beristirahat,
Tetapi hari ini beliau tetap berkhotbah di GII cabang Puri
Bapak Gembala Budi menasehati beliau agar beristirahat saja dan menyerahkan pelayanan itu ke orang lain
Tetapi kata Pak Budi, Pak Albert menjawab:
“Saya akan tetap berkhotbah, semakin saya diam, semakin waktu saya terbuang sia-sia”

Waahhhh
Betapa hendaknya kita semua bisa meneladani beliau
Beliau yang sudah tua saja masih sangat bersemangat seperti itu
Mengapa kita yang muda tidak bisa bersemangat seperti beliau?

Sebagai penutup:
Mari kita semua berdoa agar Tuhan selalu menguatkan hati dan iman beliau
Agar beliau tidak berfokus kepada penyakitnya melainkan hanya kepada kasih Allah
Agar Tuhan memberkati dokter yang merawatnya
Agar Tuhan memberkati keluarga Bapak Albert
Agar melalui masa-masa yang sakit ini, Tuhan semakin dipermuliakan

Salam

roma-12_11

Leave a Reply

