Tiga Pesan Bertubi tentang Kekudusan

Aku percaya tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini
Segala sesuatu terjadi karena ada maksud Tuhan di balik semua itu

Dan kali ini, momen itu datang lagi…

Aku rasa mungkin kamupun pernah mengalami ini
Yakni ketika beberapa pesan yang sejenis datang bertubi-tubi padamu dalam waktu yang berdekatan
Dan pesan-pesan itu membuatmu berpikir:
Tuhan, apakah Kau ingin mengatakan sesuatu padaku?

Aku rasa aku beberapa kali merasakan momen itu
Beberapa pesan yang kurang lebih sama, datang berturut-turut dari berbagai sumber
Dan tiap kali momen itu terjadi, aku selalu berkata:
Waspada, waspada, Tuhan mau ngasih gw peringatan nih.

Dan kali ini, momen itu datang lagi
Tapi kali ini cukup “menakutkan” karena pesan yang kutangkap berisi tentang dosa dan kekudusan

Pesan pertama
adalah dari seorang kawan baik di masa pelayanan kampus dulu, walau kami sering berbeda pendapat
Dia membuat status di facebook:
Ya ampun mbak, sekarang tuh hujan angin dan dingin banget…sampean kok pake celana pendek banget sama kaos ketat, masuk angin kamu.
Tambah lagi, selain bikin masuk angin diri sendiri si mbak itu bikin banyak lelaki tergelincir ke NERAKA….kasihan tauuukk…rugi dimana mana kalee.

Aku tahu pesan ini akan ditentang oleh banyak orang, termasuk sesama orang Kristen
Tetapi bagiku, aku mendukung pesan ini sepenuhnya

Apakah seorang wanita diperbolehkan untuk mengenakan celanan pendek dan kaos ketat?
Paulus berkata segala sesuatu boleh tetapi tidak semuanya membangun
Seorang wanita bebas mengenakan pakaian semacam itu
Tetapi aku yakin wanita yang bijaksana tidak akan melakukan hal itu

Wanita yang bijaksana pasti tahu bahwa penampilannya akan menarik perhatian para lelaki. Dan tentu saja, pakaian yang pendek dan ketat akan membuat pria-pria itu memikirkan sesuatu yang tidak seharusnya dia pikirkan. Hampir bisa dipastikan, pria itu akan memikirkan sesuatu yang menuju pada dosa.

Kita bebas untuk melakukan ini dan itu
Tetapi kita juga harus memikirkan efek dari kebebasan itu terhadap orang lain
Firman Tuhan berkata dalam 1 Korintus 8 : 9
Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.

Tidak ada satu manusiapun yang kebal terhadap dosa. Seorang pendetapun bisa jatuh ke dalam dosa ketika dia melihat gadis cantik berpakaian minim di hadapannya. Oleh sebab itu, wanita bijaksana harus rela mengorbankan kebebasannya untuk berbusana seperti apapun, supaya jangan ada orang, terutama yang lemah, yang jatuh ke dalam dosa.

Aku tidak mengatakan kalau aku membela para pria dan cenderung menuduh wanita-nya yang salah
Tidak
Para pria pun harus belajar untuk mengendalikan dirinya
Kita memang tidak bisa menghalangi semua pikiran dan fantasi yang MELINTAS di benak kita
Tetapi pria bijaksana bisa menghalangi itu semua supaya tidak BERLAMA-LAMAhinggap dalam pikiran mereka

Pesan Kedua
juga dari status facebook seorang adik.
Statusnya diambil dari 2 Timotius 2 : 21
Aku pernah membaca ayat ini, tetapi entah mengapa, ayat ini seperti begitu baru dan powerful kudengar:
Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat,
ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia,
ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya
dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.”

Inilah yang aku percaya,
Tuhan mungkin akan berkenan memakai bejana yang kecil
Tuhan mungkin akan berkenan memakai bejana yang retak
Tetapi Tuhan tidak akan berkenan memakai bejana yang kotor

Bukan berarti Tuhan tidak akan memakai, melainkan tidak berkenan memakai
Ketika Tuhan memakai seseorang untuk menjadi mitra-Nya, Dia akan menguduskannya dari dosa
Dan ini bukan hanya dari pihak Allah
Jika kita benar-benar rindu untuk dipakai oleh Allah, maka kita harus aktif mengejar hidup yang kudus

Percuma kita berlelah-lelah dalam pelayanan tetapi kita tidak hidup dalam kekudusan
Itu hanya akan membuang-buang waktu kita
Dan lebih buruk dari itu, itu akan membuat Allah semakin lama semakin ingin memuntahkan kita

Marilah kita belajar mengejar kekudusan
Sungguh, percayalah,  ketika kita hidup dengan menjauhi hal-hal negatif, akan banyak hal indah terjadi dalam hidup kita

Pesan ketiga
adalah pesan terakhir yang kudapat hari ini
Pesan ini membuatku yakin bahwa Allah memang ingin berbicara tentang kekudusan padaku malam ini
Dan aku yakin, Dia juga ingin aku membagikan ini padamu, makanya aku menuliskannya

Pesan ini adalah status dari page “Oswald Chambers”, lagi-lagi di facebook
Pesannya berisi:
Ukurlah pertumbuhanmu di dalam kasih karunia 
dengan kepekaanmu terhadap keberadaan dosa

Bagiku, ini adalah pesan yang sangat kuat sekaligus menantang
Kita yang sudah tahu banyak tentang firman Tuhan, tahu juga titik-titik keberadaan dosa
Untuk dosa-dosa yang tidak berhubungan dengan hobi kita, kita mungkin bisa dengan mudah menangkalnya
Akan tetapi, seringkali ketika dosa-dosa itu berkaitan erat dengan hal yang kita sukai,
kita akan mulai membuat banyak excuse di hadapan Allah untuk membenarkan sikap kita yang mencicip dosa itu

Ini juga yang mungkin terjadi padaku dan padamu
Seringkali kita tahu bahwa dosa ada di sana tetapi kita tetap mendekat
Kita berusaha menikmati sesuatu itu sambil tetap menjaga jarak aman agar tidak terciprat oleh dosa

Tetapi kita perlu ingat
Ketika di sana ada seekor singa lapar, maka jarak aman adalah jarak yang sejauh-jauhnya
Lalu, mengapa kita berani dekat-dekat?
There’s no excuse,
kita harus lari sejauh-jauhnya ketika tahu bahwa dosa berkeliaran di sekitar situ

Ini pasti sangat sulit, aku tidak akan menghakimimu karena akupun masih bergumul dengan itu
Tetapi aku punya satu saran untuk kita semua:
Kita sudah terikat oleh banyak hal yang juga berikatan dengan dosa, kita harus melepaskan diri dari itu
Dan jangan perberat lagi perjuangan kita dengan justru menambah ikatan-ikatan baru
J
angan buat ikatan-ikatan baru kepada sesuatu yang berdekatan dengan dosa

Ingat, tanda dari kedewasaan atau pertumbuhan rohani adalah kepekaan terhadap keberadaan dosa
Kita, yang merasa sudah cukup dewasa rohani, seharusnya bisa dong mendeteksi apa-apa saja yang dekat dengan dosa
Dan jika kita tahu di sana ada dosa, jangan buat ikatan baru dengan itu

Sekali lagi, untuk membangkitkan semangat kita:
Ketika kita hidup jauh dari hal-hal negatif, akan banyak hal indah terjadi dalam hidup kita
Ketika kita hidup dengan menjaga kekudusan, Allah akan berkenan memakai kita

Dia akan memakai hidup kita untuk menjadi saluran berkat bagi orang-orang
Dan setahuku, itu adalah kebahagiaan yang besarnya tidak bisa dibandingkan dengan kenikmatan dosa

Okelah
Sekian dulu untuk hari ini
Semoga tiga pesan yang bertubi datang padaku ini menjadi peringatan bagi kita semua
Mari kita sama-sama berjuang untuk menjaga kekudusan

Sebagai penutup, biarlah doa Daud ini menjadi doa kita semua:
Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinkudengan roh yang teguh!
 
Salam hangat ^_____^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s