The Eyes that can see The Best

State of Mind : The Eyes that can see The Best

#Gambar ini kuambil pada tanggal 19 September 2013, dari jendela pesawat salah satu maspakai penerbangan nasional, pada keberangkatanku dari Jakarta ke Palembang

Bagi sebagian besar orang yang melihat gambar ini, gambar ini tidak berbicara apa-apa
Tidak ada sesuatu yang istimewa dari gambar ini

Tetapi aku bersyukur karena telah memiliki pandangan yang berbeda dari pandangan yang orang-orang akan berikan pada gambar ini. Ya, aku bersyukur bisa melihat sesuatu yang istimewa dari gambar ini. Dan aku bersyukur karena gambar ini telah memulai satu perjalanan baru yang menyenangkan dalam hidupku.

Gambar ini mengubah caraku memandang dan menemukan kebahagiaan dalam hidup ini
Gambar ini mengubah hidupku

Jika kau bertanya, apa yang istimewa dari gambar ini, maka aku akan menjawab:
“Tak pernah sekalipun dalam hidupku, kecuali pada momen ini, di mana aku bisa melihat begitu banyak variasi warna biru pada saat yang bersamaan. Pernahkah kamu?

Bagaimana, sudahkah kau memeriksanya?
Berapa banyak variasi warna biru yang tertangkap oleh pandanganmu?
Kau mengerti maksudku bukan?
Pernahkah kau menemukan momen seperti ini, yang mana pada saat yang bersamaan kau bisa melihat deretan “keluarga” warna biru yang berbaris begitu indah menurut aturan gradasi yang begitu teratur?
Gambar ini begitu indah, aku bersyukur bisa melihat langsung hal seperti ini

Banyak orang bercita-cita untuk mengelilingi Indonesia
Banyak orang menjelajah negara-negara dunia
Mereka berkata bahwa mereka bahagia akan hal itu

Aku belum pernah sekalipun keluar negeri
Masih sedikit daerah-daerah Indonesia yang telah aku tapaki
Tetapi aku sangat bersyukur telah melihat, bahkan mengabadikan, sesuatu yang mungkin tak akan pernah dilihat oleh seseorang yang sudah berkeliling dunia sekalipun

Aku bersyukur akan “mata” ini
Aku bersyukur karena “mata” ini bisa melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat orang banyak
Aku bersyukur punya “mata” yang bisa menangkap hal terbaik di dalam sesuatu
Aku harus terus mengasah kemampuan ini

Dan kemudian aku tercengang oleh pertanyaan yang kemudian melintas
“Entah sudah berapa banyak hal indah yang seharusnya kunikmati tetapi aku lewati?
Entah sudah seberapa banyak momen istimewa aku lewatkan begitu saja hanya karena aku cuek atau malas untuk mencari tahu nilai istimewa dari segala sesuatu?”

Oh, aku tidak mau melepaskan kesempatan emas itu
Aku harus menangkap semua momen berharga yang menunggu untuk aku nikmati
Momen itu ada, akan selalu ada, asalkan saja aku “siap” untuk menerimanya

Dan kesadaran itulah yang mengubah hidupku
Mengubah caraku memandang segala sesuatu
Mengubah caraku melangkahkan kaki
Mengubah caraku mensyukuri nikmat ilahi

Gambar inilah yang memulai perjalanan baru dalam hidupku
Mulai dari sekarang, kameraku tak boleh jauh-jauh dariku

Bagaimana denganmu?
Ketahuilah bahwa di luar sana, eh salah, di sini, ya di sini, di tempat kau berada saat ini, ada begitu banyak keindahan yang tersembunyi. Sampai kapanpun keindahan itu akan tetap tersembunyi dan tak kasat mata bagimu sepanjang kau tidak “siap” atau mempersiapkan diri untuk melihatnya. Bukalah mata dan telingamu lebar-lebar. Waspadalah, there is treasures everywhere, happiness is in the air. Berdoalah pada Tuhan agar kau diberi mata yang mampu menangkap keindahan dari segala sesuatu, dan lebih dari itu, agar kau bisa melihat keindahan dari seseorang.

Jika kau memilikinya
Kau akan berubah
Hidupmu tak akan sama lagi
Setiap saat kau akan sepakat dengan Louis Armstrong dan kau akan berkata:
“What a wonderful world”

Dan perjalanankupun terus berlanjut ^____^

Leave a Reply

