Resolusi 101

Resolusi 101

Kata orang angka 13 itu angka sial, tapi puji Tuhan tahun 2013 adalah tahun yang luar biasa mengesankan dan penuh perubahan di dalam hidupku. Kata orang angka 7 adalah lucky seven dan jika 2 adalah ganda, maka angka 14 adalah angka lucky yang berlipat kali ganda dong. Artinya, tahun 2014 ini akan jauh lebih luar biasa dan penuh gebrakan dibanding tahun 2013. Wooow, boleh boleh, hahahaha.

Di penghujung tahun ini, aku terus berpikir tentang perubahan apa saja yang akan kukerjakan di dalam hidup ini. Dan aku bersyukur aku menemukan satu resolusi yang harus kugenapi.

Semalam aku mengobrol dengan kakakku tentang perjalanan hidup Pendeta Stephen Tong. Kakakku beribadah di gereja yang beliau gembalakan. Penuturan kakak tentang Pak Tong membuatku terkesan.
“Astaga, pria ini melakukan sesuatu yang signifikan di sepanjang hidupnya. Dia bisa, seharusnya aku bisa.”

Kakakku-pun tidur tetapi aku melanjutkan rasa penasaranku hingga akhirnya aku membuka satu artikel yang berisi sepenggal kisah hidup Dr. Ludwig Inger Nommensen yang kita kenal sebagai “Ompu I, Apostel Batak (Rasul Orang Batak)”. Astaga, orang ini bukan orang sembarangan. Nommensen adalah misionaris yang membawa sejumlah besar orang Batak masa lampau kepada Kristus, kepada pertobatan, kepada hidup. Tanpa dia, mungkin suku Batak akan selalu berada dalam kegelapan. Tanpa dia, mungkin aku bukan orang Kristen saat ini.

Orang ini melakukan hal yang luar biasa dalam hidupnya
Orang ini benar-benar memiliki arti yang signifikan dalam hidup dan dunia ini
Orang ini tidak sama dengan sebagian besar manusia yang mana ada atau tidaknya mereka di dunia ini sebenarnya tidak mempengaruhi apapun, mereka ada atau tidak sebenarnya tidak terasa
Jika orang ini tidak ada, dunia tidak akan sama

Perenungan singkat ini kemudian memunculkan suatu keinginan dalam hati dan pikiranku:
“Aku ingin mengenal orang ini lebih dalam. Aku ingin membaca kisah hidupnya.”

Aku kemudian browsing tentang perjalanan hidup beliau. Dan kisah paling komprehensif tentang beliau yang berhasil aku dapat adalah sebuah jurnal 86 halaman yang ditulis dalam bahasa Inggris. Melihat “medan” yang akan kuhadapi, aku ciut dan hampir-hampir mengurungkan niatku untuk membacanya.

Tetapi…
Untung ada kata “tetapi”
I love “tetapi”
Aku senang dengan sanggahan yang kemudian timbul dalam benakku:

“Memang nampaknya bacaan itu akan berat untuk dibaca. Tetapi, bukankah itu inti dari sebuah resolusi, yakni di mana kamu melakukan hal yang tidak biasa-biasa saja? Kau bisa melakukan sesuatu dalam hidup ini yang melampaui batas-batas dirimu sebelumnya. Ini memang akan susah, tetapi kalau kau bisa menyelesaikannya, kau mengalahkan dirimu yang sebelumnya.”

“Richard, menikmati keindahan sesuatu adalah istimewa, tetapi ada hal yang lebih istimewa daripada itu, menikmati keindahan seseorang. Oleh sebab itu, jika kau membaca biografi ini, percayalah kau akan menikmati sesuatu yang mungkin melampaui semua tempat indah yang pernah kau lihat.”

“Richard, kau memang suka petualangan. Tetapi… ya tetapi… jangan batasi definisi petualangan dengan hanya sedangkal jalan-jalan. Membaca kisah hidup seseorang juga adalah suatu petualangan yang mungkin akan lebih luar biasa. Kau tidak saja berpetualang dalam hidupnya, tetapi kau juga berpetualang menembus dimensi ruang dan waktu, kau berpetualang ke masa lampau.”

Astaga, benar juga yah?
Aku rasa aku mendapatkan satu hal yang akan menjadi resolusiku. Aku akan membaca biografi. Aku akan mengunduh video-video BBC tentang orang-orang penting di sepanjang sejarah, menontonnya, dan mengambil pelajaran yang pasti berharga yang ada di dalamnya.

Okelah, jadi kesimpulanku akan resolusi 1 ini adalah:
Seindah-indahnya sesuatu, akan lebih indah seseorang.
Even adventure is a state of mind.

Ini satu resolusiku
Apa resolusimu?

^____^

Leave a Reply

