Dunia, Ke Manakah Engkau Melangkah?

Dunia, Ke Manakah Engkau Melangkah?

Beberapa hari yang lalu aku mendengar berita yang sangat memilukan dari televisi
Berita ini seakan menarikku dari langit dan segera menghempaskanku ke dasar laut
Sakit sekali

Seorang anak kecil tega membunuh kakaknya sendiri dengan sebilah pisau dapur. Seakan berita buruk ini tidak cukup buruk, sang adik mengaku dia melakukan itu karena tidak terima diperlakukan semena-mena oleh almarhum sang kakak yang memukulnya hingga giginya putus hanya karena sang adik menolak untuk mengisi bak mandi yang akan dipakai oleh sang kakak.

Aku kaget
Aku terdiam
Aku kehabisan kata-kata
Mataku terbuka lebar-lebar
Dahiku mengerut

Aku tak ingat apakah saat itu mulutku terbuka atau tidak
Aku tidak tahu harus berpikir dan berkata apa saat itu
Yang jelas, aku hanya sempat terpikir:
“Aku malu menjadi manusia karena binatangpun tak akan melakukannya.”
“Aku telah gagal melakukan tugasku sebagai Orang Kristen.”

Aku rasanya ingin berteriak
Aku ingin menyalahkan
Tapi menyalahkan siapa?

Aduuuuhhhhh…
Oh dunia, ke manakah engkau hendak pergi?
Tak tahukah engkau bahwa engkau sedang berjalan ke arah kebinasaan?
Tapi aku terlalu mengasihi anak-anakmu untuk membiarkannya ikut hancur bersamamu
Aku harus menyelamatkan mereka

Celakalah dia
Yang mempertontonkan hal-hal tak mendidik tapi menyangka diri sedang menghibur
Yang menjadikan orang-orang kecil nan lemah ini tersesat
Celakah dia
Alangkah baiknya jika dia bertobat dan berbalik dari jalannya yang sia-sia

Tetapi aku
Aku harus melakukan bagianku
Aku harus menyelamatkan orang-orang ini dari kehancuran

Tapi bagaimanakah caranya?

Leave a Reply

