Menjadi Berbeda

Menjadi Berbeda

Then the disciples went out and preached everywhere, and the Lord worked with them
and confirmed his word by the signs that accompanied it.

~ Mark 16 : 20 (NIV)

Satu hal yang sangat penting di dalam kehidupan ini
Konfirmasi

Kita bisa memikirkan ide sehebat apapun
Kita bisa menyampaikan gagasan sejelas dan sekuat apapun
Tetapi tanpa konfirmasi, semua itu akan berujung pada kesia-siaan

Tanpa konfirmasi, tidak akan terjadi perubahan
Konfirmasi-lah yang meneguhkan ide yang kita hasilkan dan pesan yang kita sampaikan
Dan konfirmasi itu akan nyata dalam suatu tindakan

Zaman Alkitab adalah zaman yang penuh dengan mujizat fisik yang Allah lakukan, baik melalui Diri-Nya sendiri maupun melalui orang-orang yang diutus-Nya. Pada firman kali ini, kita tahu bahwa para murid diperlengkapi oleh Allah untuk melakukan berbagai macam mujizat sebagaiĀ tanda-tanda mereka. Tanda-tanda itulah yang menjadi peneguhan di mata orang Israel, bahwa murid-murid Kristus itu adalah orang-orang yang berbeda.

Mungkin sebagian dari kita berpikir, mengapa orang-orang percaya zaman ini tidak bisa melakukan mujizat fisik seperti yang dilakukan oleh para murid. Sebagian lagi bahkan mungkin berpikir bahwa jika kita tidak bisa melakukan semua itu, maka sesungguhnya kita belum percaya kepada Kristus. Bagaimanapun orang-orang akan berpikir mengenai itu, bagiku, Tuhan akan melakukan apa yang harus Dia lakukan. Tuhan akan melakukan apa yang perlu untuk ditunjukkan sebagai peneguhan kepada orang-orang yang tidak percaya di masing-masing tempat dan pada masing-masing zaman.

Dan bagiku, orang-orang di zaman ini tidak lagi membutuhkan mujizat fisik seperti yang dibutuhkan oleh orang-orang tidak percaya di masa lalu. Dunia ini tidak lagi butuh untuk melihat 5 roti dan 2 ikan diperbanyak secara luar biasa, dunia ini tidak butuh lagi untuk melihat orang mati dibangkitkan, dunia ini tidak lagi membutuhkan badai diredakan, dunia ini tidak lagi butuh untuk melihat kejadian-kejadian luar biasa yang Allah pertontonkan kepada mata dunia di masa lalu.

Kalaupun dunia butuh untuk melihat dan menikmati mujizat fisik itu, maka mujizat fisik itu haruslah kehadiran dari orang-orang yang berbeda. Dunia ini membutuhkan orang-orang yang datang dengan kabar baik. Dunia ini memerlukan orang yang siap dibenci demi kebenaran yang dibawa dan disampaikannya. Dunia ini membutuhkan pebisnis, dokter, guru, pedagang, pemerintah, hakim, polisi, ilmuwan, seniman, insinyur, arsitek, siapa saja, yang takut akan Tuhan, mengutamakan kepentingan orang lain di atas kenyamanan pribadinya, dan yang benar-benar bisa diandalkan di bidangnya. Dan aku yakin, itu menjadi tanggung jawab dari orang-orang Kristen.

Orang Kristen harus hidup benar, sekalipun menjadi benar berarti hidup sebagai orang yang berbeda sepenuhnya. Itu bisa jadi harga yang mahal, pengorbanan yang besar. Tetapi hanya itu satu-satunya jalan untuk mengonfirmasi dan meneguhkan pesan Kristus yang kita bawa dalam segala tindakan kita, dalam setiap langkah kita, dan di setiap tarikan nafas kita. Menjadi berbeda, itulah konfirmasi kita di depan mata dunia.

Lakukanlah apa yang benar, jadilah baik, dan berbeda. Tetapi jangan habiskan waktu yang berharga ini untuk membuat orang-orang yakin bahwa kita adalah orang baik. Bagian kita hanyalah bertindak. Selebihnya, apakah hati orang-orang akan menyadari kebaikan kita atau tidak, itu adalah bagian dari Tuhan. Aku yakin, ketika kita melakukan bagian kita, Tuhanpun bekerja melakukan bagian-Nya, Dia akan membuka mata orang-orang di sekitar kita, dan membuat mereka sadar betapa berbeda namun indahnya kesaksian hidup dari orang-orang Kristen. Mungkin kita sendiri tidak menyadari bahwa mata dunia memandang kita. Jika itu kasusnya, janganlah kecil hati, tetapi yakinkanlah hati ini bahwa Allah PASTI akan melakukan apa yang PERLU untuk meneguhkan firman-Nya di hadapan orang-orang tak percaya.

Sekali lagi
Dunia tidak lagi membutuhkan mujizat yang terjadi di zaman Alkitab
Yang dunia butuhkan adalah mujizat dalam wujud orang Kristen yang hidup berbeda

Jadilah semangat
Jadilah berbeda
Mari kita konfirmasi kabar baik Kristus dengan tanda-tanda yang menyertai kita
Mari kita ubah dunia ini

Tuhan Yesus memberkati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s