Hari yang Paling Kutakutkan

“Aku sudah menduga kau akan datang cepat atau lambat…
Datanglah, aku sudah siap menghadapi-mu

Hari ini, salah satu hal yang paling aku takutkan, terjadi
Hardisk 1 terabyte-ku rusak, disaster, hansit naii

Aku tidak mengerti apa yang terjadi
Awalnya semuanya berjalan baik-baik saja, tidak ada yang aneh
Aku hanya pergi ke belakang untuk membuat teh
Kemudian ketika aku kembali, aku mendapati hardisk-ku sudah tidak bekerja lagi

Aku melepas dan memasangnya kembali
Aku mencoba dan mencoba
Semakin aku coba, temperatur tubuhku mulai meninggi
Semakin aku coba, keringatku semakin banyak terproduksi
Semakin aku coba, semakin emosiku mendidih
Aku ingin marah

Hardisku adalah kerajaan kecilku
Tulisanku
Bacaanku
Uangku
Pengetahuanku
Pekerjaanku
Ingatanku
Hidupku
Semua ada di dalamnya

Momen seperti inilah yang sangat aku takuti karena aku tidak bisa mengendalikannya
Momen seperti inilah yang membuatku sadar bahwa barang milikku yang satu ini sangat berharga
Momen seperti inilah yang membuat uang seakan jauh tidak lebih berarti

Sesuatu yang berharga, hilang dari hidupku
Oh, betapa aku ingin marah

Tetapi kemudian aku sadar
Aku yakin, Roh Kudus memimpinku
“Richard, mengapa kau biarkan benda yang fana menentukan sukacitamu?”

Kemudian aku tersadarkan akan satu hal. Seseorang telah melakukan sesuatu yang sangat berjasa di dalam hidupku. Orang itu sudah menduga bahwa hal ini akan datang cepat atau lambat. Orang itu sudah tahu bahwa aku akan seperti dihukum mati jika hardisk-ku itu tiba-tiba rusak. Terima kasih sekali kepada dia, Richard Arnold di Desember 2013. Kalau bukan dia yang membuat duplikat data-data terpenting ke satu buah flashdisk 4GB dan satu buah flash disk 16 GB di bulan Desember lalu, mungkin Richard Arnold di hari ini akan benar-benar merasa dibanting hingga ke tubir laut.

Tetapi bukan hanya Richard Arnold di Desember 2013 saja yang berjasa. Richard-Richard di waktu yang lain juga ternyata sudah cukup antisipatif dengan menyimpan beberapa data di laptop pribadi dan laptop kantor. Oh, seandainya kalian-kalian yang hidup di masa lampau bisa mengetahui bagaimana perasaan lega yang diriku saat ini rasakan, kalian pasti akan benar-benar bahagia ketika kalian membuat duplikat data itu. Kalian benar-benar berjasa dalam kelangsungan hidup kita. Kalian adalah legenda dalam sejarah hidup kita.

Walaupun beberapa, sebenarnya sangat banyak, data film, serial, One Piece (hansit nai), anime, buku rohani, video biografi, bahkan arsip-arsip masa perjuangan di Teknik Kimia ITB yang belum terselamatkan, karena memang data sebanyak itu hanya akan memenuhi kedua laptop yang aku pegang, aku tetap bersyukur karena kalian sudah menyelamatkan apa yang paling penting. Well, kita lihat saja besok apakah kita bisa menyelamatkan data-data berharga itu ketika kita datang ke toko penjualnya untuk service. Semoga saja kita bisa menyelamatkan data-data itu.

Bagaimanapun, yang bisa diriku lakukan saat ini adalah melakukan bagianku. Sembari aku menulis ini, aku sedang sibuk melakukan transfer data dari kedua laptop dan kedua flashdiskku. Aku yakin apa yang aku lakukan saat ini, akan menjadi salah satu hal yang sangat krusial di dalam hidupku karena sewaktu-waktu, bisa saja data itu hilang karena salah satu device-ku rusak.

Akhirnya, hari ini, aku belajar beberapa hal yang sangat penting.

Pertama, jangan biarkan sukacitamu bergantung pada hal-hal yang fana.
Kedua, sesuatu yang berharga harus benar-benar kamu hargai.
Ketiga, bencana bisa terjadi kapan saja, be smart, be strategic, be prepared.

Keempat, jangan buat ikatan dengan hal-hal fana. Ikatan adalah akar dari penderitaan.
Beberapa data yang hilang adalah film, anime, dan serial, kalau kau tidak mau tersakiti lagi, belajarlah sedikit demi sedikit untuk melepaskan diri dari ikatan-ikatan itu. Setidaknya, jangan buat ikatan baru lagi. Jika kau sudah lepas, maka hilangnya film itu tidak akan menjadi masalah besar buatmu.

Terakhir, be a legend.
Setiap saat, pastikan apa yang kau lakukan akan menjadi legenda yang sangat disyukuri oleh dirimu di masa depan.

Buatmu para pembaca. Jangan alami apa yang aku alami saat ini.
Please, simpan data-datamu di beberapa tempat yang aman, itu sangat penting
Tetapi kuberi tahu hal yang jauh lebih penting dari itu
Kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Salam

Leave a Reply

