Upah Oriented

Aku menghabiskan sebagian besar dari masa hidupku selama ini dengan prinsip bahwa aku tidak boleh termotivasi oleh berkat dalam segala hal yang kukerjakan. Aku harus memberikan yang terbaik dari diriku setiap kali aku mengerjakan sesuatu yang hasilnya juga akan dikecap oleh orang lain. Aku tidak ingin setiap perbuatan baik kulakukan hanya karena aku mengharapkan Allah untuk memberkati atau memberikan pahala padaku. Aku tidak mau menyuap Allahku sendiri. Aku tidak boleh mem-post tulisan di blog atau membuat status di FB hanya karena aku mengharapkan beberapa orang untuk memberikan like-nya.

Prinsip itu juga kujunjung hingga dalam pekerjaan. Aku harus terus menerus memperingatkan diriku sendiri bahwa performa-ku dalam bekerja tidak boleh ada sangkut pautnya dengan besarnya gaji yang kuterima. Normalnya, orang-orang akan merasa layak untuk diberi gaji yang lebih besar atas kontribusi yang dia berikan kepada perusahaan. Jika perusahaan itu belum menaikkan gajinya atau tidak memberikan bonus, maka orang itu akan dengan sengaja menurunkan performanya dalam bekerja. Mereka akan berkata, “saya bisa bekerja lebih baik dari ini, tetapi saya hanya akan memberikan sebaik gaji yang saya terima”. Aku tidak akan menentang pemikiran mereka. Adalah hak mereka untuk berpikir demikian. Tetapi aku, aku punya prinsipku sendiri. Bagiku, apapun yang kulakukan, haruslah sebuah mahakarya. Ya, aku harus memberikan yang terbaik dariku, sesering yang aku bisa.

Aku tidak mau bekerja dengan baik hanya karena mengharapkan upah di baliknya

Itulah prinsip dan nilai yang kupegang selama ini. Aku cukup yakin bahwa hal yang sama juga menjadi prinsip dari beberapa orang di muka bumi ini. Aku menduga, kaupun salah satu orang yang memiliki idealisme yang sama denganku. Tetapi, O dear friends, apa yang sebentar lagi kubagikan kepadamu adalah bahwa aku telah berubah. Prinsipku telah berubah.

Kini aku termotivasi oleh upah

Leave a Reply

