1. Ketika Seorang Kuat Ada

1. Ketika Seorang Kuat Ada

Adalah seorang pria bernama Simson. Simson adalah nazir Allah (nazirite : separated or dedicated). Apakah nazir Allah itu? Untuk mengerti lebih dalam mengenai nazir, kita perlu membacanya di Bilangan 6:1-21. Nazir Allah, pada dasarnya adalah orang-orang, yang bukan dari suku Lewi (Samson dari suku Dan), yang menaikkan nazar kepada Allah untuk menghususkan dirinya bagi Allah. Adapun untuk menjadi seorang nazir, Allah memberikan beberapa peraturan untuk dipatuhi. Peraturan-peraturan tersebut, antara lain:

  • janganlah ia makan sesuatu apapun yang berasal dari pohon anggur (ayat 4)
  • janganlah pisau cukur lalu di kepalanya (ayat 5)
  • janganlah ia dekat kepada mayat orang (ayat 6);
    KJV mencatat “dead body” dan tidak terbatas hanya mayat manusia saja
    Hal ini bisa dibandingkan dengan Imamat 5:2

Seseorang tidak diharuskan mengabdikan seluruh usia hidupnya untuk menjadi nazir Allah. Setelah masa kenaziran selesai, orang itu bisa menjalani kehidupan normalnya tanpa harus menjalani peraturan-peraturan khusus yang harus dia taati selama masa kenazirannya.

Simson adalah seorang nazir tetapi kenazirannya berbeda dengan nazir-nazir sebelum dia. Pada umumnya, seseorang menjadi nazir berdasarkan kerelaan dirinya sendiri di hadapan Allah. Berbeda dengan itu, Simson menjadi nazir sejak lahir. Simson “tidak diberi kebebasan” untuk memutuskan apakah dia akan menjadi nazir atau tidak sebab Allah-lah yang sejak semula meng-klaim Simson untuk menjadi nazir-Nya. Tidak hanya itu, Simson harus menjadi nazir seumur hidupnya. Masa kenaziran Simson baru akan berakhir setelah dia mati (Hakim-hakim 13:7)

Sekalipun Simson berbeda, bukan berarti peraturan-peraturan nazir tidak berlaku bagi Simson. Dan karena Simson sudah menjadi nazir sejak dalam kandungan, ibu Simson harus turut mematuhi peraturan itu (Hak. 13 : 3-5).

“Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.

Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin.”

Satu lagi hal yang membedakan Simson dengan nazir-nazir lainnya, yakni Tuhan memberikan Simson tugas atau visi khusus. Visi itu adalah untuk menjadi penyelamatan orang Israel dari tangan bangsa Filistin. Kemudian Simson lahirlah dan menjadi besar. Allah senantiasa memberkati Simson dan Roh Kudus menggerakkan hatinya. Dan sekalipun tidak secara jelas dicatat di Alkitab, aku yakin bahwa kekuatan Simson yang sungguh terkenal itu sudah dimilikinya sejak kecil.

OK, jadi apa yang sudah kita dapat sejauh ini? Kita mendapati seorang pria yang begitu diberkati oleh Allah. Tuhan memberkati dia dengan peraturan yang jelas sehingga dia tidak perlu bingung harus melakukan apa seperti orang-orang zaman sekarang yang serba pusing akibat segala peraturan yang nampaknya abu-abu.

Tuhan tidak saja memberkati dia dengan peraturan yang jelas (dan yang menurutku tidak terlalu sulit dijalankan) tetapi juga dengan visi yang jelas. Bayangkan betapa mudahnya hidupmu jika sejak dari kandungan, Allah sudah memberitahu ibumu apa visi yang harus kau jalani dalam hidup. Bayangkan! Kau sudah tahu apa tujuanmu sehingga sejak kecil kau sudah bisa memutuskan apa-apa saja yang perlu kau kejar dan pelajari serta apa-apa saja yang perlu kau hindari. Hidupmu akan jauh lebih sederhana dan fokus tanpa perlu tersesat ke berbagai hal dalam rangka mencari jati diri. Ya, Simson tidak perlu memusingkan pencarian visi dan jati diri sebab semuanya itu sudah jelas bahkan sebelum dia lahir. Berbeda dengan anak-anak muda zaman sekarang, Simson tidak perlu lagi berkata dalam hati, “aduh aku udah usia segini tapi belum punya visi, gimana dong?” Bayangkan betapa nikmatnya hidup sejelas itu!

Dan tidak sampai di situ saja, sejak dari kecil Simson berada dalam tuntunan Roh Kudus dan dia dianugerahi kekuatan superhuman yang luar biasa. Aku yakin sebagian besar dari kita yang membaca ini sudah lupa betapa hebatnya Simson dan betapa banyaknya orang yang bisa dia bunuh. Simson benar-benar luar biasa, Kawan! Aku yakin tidak ada seorangpun yang lebih kuat secara fisik dibanding Simson, baik sebelum maupun sesudah dia. Bisa dibilang, Simson adalah manusia yang too good to be true. Kaidah hidup yang jelas, visi yang jelas, kekuatan yang super-jelas. Apalah lagi yang ia butuhkan? Apalagi yang masih kurang padanya?

Dan melalui eksposisi ini kita akan belajar untuk menemukan jawabannya. Kita akan menggali dan mencari tahu apa yang masih kurang dari Simson. Kita akan belajar bersama-sama mengenai tokoh Alkitab yang satu ini. Kita akan belajar bagaimana Allah memakai Simson dan bagaimana Simson menyia-nyiakan semua hal yang luar biasa yang Tuhan karuniakan kepada dirinya. Kita akan belajar bagaimana seseorang yang too good to be true ternyata juga bisa jatuh dan menghancurkan dirinya sendiri. Kita juga akan melihat bagaimana Allah bekerja melalui semua itu. Tidak lupa, kita juga akan bercermin diri dari kisah Simson sebab aku yakin kelemahan Simson juga ada pada setiap kita.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Suatu kali ada seorang evangelis dari Inggris yang bernama Henry Farley. Farley bertemu dengan D. L. Moody ketika Moody sedang melakukan perjalanan misi ke luar negeri. Kepada Moody, Farley mengatakan:

“Moody, the world has yet to see what God can do with, and for, and through,
and in, and by the man who is fully and wholly consecrated to Him.”

Mungkin sepintas lalu perkataan ini terdengar biasa saja. Tetapi tidakkah engkau melihat kebenaran yang indah yang terkandung di dalam perkataan ini? Adapun bagi Moody, perkataan ini benar-benar membakar semangatnya.

ManJUST A MAN

Dia tidak harus terpelajar atau brilian dan jenius. Just a man. Dia tidak perlu kaya atau berkedudukan tinggi. Just a man. Dia tidak perlu memiliki kekuatan sebesar Simson. Just a man. Yang perlu dilakukannya adalah MENGKHUSUSKAN atau MENGUDUSKAN (consecrated) diri sepenuhnya untuk Allah. Dan setiap kita bisa menjadi orang itu. Bersama Kristus, kita bisa melakukan perkara-perkara yang besar. Bersama Allah, kita bisa “menjungkirbalikkan” dunia.

And when they found them not,
they drew Jason and certain brethren unto the rulers of the city, crying,
“These that have TURNED THE WORLD UPSIDE DOWN are come hither also;”
(Kisah Para Rasul 17:6, KJV)

Akan tetapi, sebelum menjadi orang yang mengubah dunia, aku yakin kita perlu mengambil pelajaran dari kisah Simson. Oleh sebab itu, adalah suatu sukacita yang besar bila kita bisa belajar bersama-sama di sini untuk mengeksposisi kisah Simson. Bagi aku pribadi, sungguh suatu pengalaman yang luar biasa bisa kembali belajar mengenai Simson dan mendapati pengetahuanku tentang Simson selama ini masih sangat terbatas. Mengapa bisa begitu? Ya mungkin karena saat itu aku tidak terlalu tertarik untuk mengeksposisi Perjanjian Lama. Dan melalui halaman-halaman ini, dengan penuh kasih, aku ingin mengajak kita semua untuk lebih memiliki kecintaan dan kerinduan untuk mengenal Allah kita melalui setiap hal yang Dia kerjakan di sepanjang sejarah, termasuk di Perjanjian Lama.

Sip, okelah yah…
Mari kita mulai!!!


~Bersambung ke: Ketika Seorang Kuat Jatuh Cinta

Advertisements

2 thoughts on “1. Ketika Seorang Kuat Ada

  1. Halo Bang,
    Baca atau belajar dari mana bang buat mempelajari atau memperdalam pengetahuan dari Alkitab? Maksudnya sampai benar2 terekspos gini. Kan biasanya kalau khotbah cuma sepintas-sepintas bang? Hehe. Makasih bang.

    • Halo Rachel, maaf ya baru balas. Kalau saya banyak sekali mendapat berkat dari youtube. Tema ini salah satunya saya terinspirasi dari khotbah di youtube mengenai Simson. Ada banyak sekali eksposisi yang baik di youtube yang bisa kita ikuti. Memang sih banyak juga ajaran yang berbahaya dan menyimpang, jadi kita perlu hati-hati dan menguji setiap yang kita dengar. Nah, selain dari youtube, dari PA di gereja, dari ibadah Minggu, kita juga tentu perlu belajar dan eksposisi pribadi dan disertai doa yang tulus dan rendah hati, pasti Roh Kudus akan membukakan kepada kita kebenaran-Nya dengan lebih utuh lagi.

      Selamat belajar ya Rachel. Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s