Yusuf, Tuhan Yesus, dan Roh Kudus

Ayat - Zakaria

Setidaknya ada dua hal penting yang dapat kita lihat dari hubungan antara Yusuf, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah Roh Kudus.

Pertama:
Yusuf adalah seorang pria yang penuh dengan Roh Kudus (Kejadian 41:39). Lebih dari Yusuf, Tuhan Yesus Kristus, dalam keberadaan-Nya sebagai manusia, adalah satu-satunya manusia yang dipenuhi oleh Roh Kudus secara sempurna (Lukas 4:1).

Kedua:
Oleh kuasa Roh Kudus, baik Yusuf dan Tuhan Yesus Kristus menjadi Juruselamat dunia.

Roh Kudus menganugerahkan akal budi dan bijaksana kepada Yusuf sehingga ia menimbun gandum seperti pasir di laut banyaknya dalam tujuh tahun masa kelimpahan Mesir. Kemudian, ketika tujuh tahun masa kelaparan melanda seluruh bumi, Kerajaan Mesir memiliki cadangan makanan yang berlimpah dan cukup untuk dijual kepada seluruh penduduk dunia yang berdatangan ke sana untuk membeli makanan. Melalui semua ini, Yusuf menyelamatkan dunia dari kematian jasmani (Kejadian 41:37-57).

Tidak dapat diragukan, Yusuf adalah hamba Allah yang luar biasa. Namun, apa yang Allah lakukan melalui Yusuf, hanyalah bayang-bayang dari misi penyelamatan Allah yang sesungguhnya, yakni yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus Kristus. Oleh kuasa Allah Roh Kudus, Kristus datang ke dunia melalui kelahiran anak dara (Matius 1:18-20). Roh Kudus menaungi-Nya dan menjadi roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN bagi-Nya (Yesaya 11:2). Roh Kudus memimpin-Nya selama Ia melayani di dunia (Lukas 4:1). Roh Kudus menguatkan-Nya ketika Ia menyerahkan diri-Nya untuk mati demi menebus dosa umat-Nya (Ibrani 9:14). Roh Kudus membangkitkan-Nya dari maut di hari yang ketiga (Roma 8:11). Roh Kudus menyertai-Nya naik ke sorga. Dan melalui Roh Kudus, Ia hidup di dalam setiap orang yang percaya (Yohanes 14:16-18). Melalui semua ini, Tuhan Yesus Kristus menyelamatkan dunia dari kematian kekal.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Stanley

Apakah maksud dari semua ini?

Roh Kudus adalah Roh Juruselamat. Kau dan aku bukanlah Yusuf. Dan yang jauh lebih pasti dari itu, kau dan aku, bukanlah Tuhan Yesus Kristus. Namun, jika kita sungguh-sungguh ada di dalam Kristus, maka di dalam kita tinggal Roh yang sama yang ribuan tahun yang lalu juga tinggal di dalam Yusuf dan Tuhan kita (Roma 8:9 dan 1 Korintus 6:19-20).

Apakah artinya itu? Ya, oleh karunia, sukacita, hikmat, kuasa, dan kasih yang dikerjakan oleh Allah Roh Kudus yang hidup di dalam kita, kita juga dapat menjadi “juruselamat”. Jika Allah menghendaki, kita dapat menyelamatkan lingkungan dan peradaban di sekitar kita dari kehancuran jasmani. Dan lebih dari itu, oleh anugerah-Nya di dalam tuntunan Roh Kudus, kita dapat menjadi “juruselamat” yang membawa orang-orang kepada Sang Juruselamat yang sejati yang tidak hanya akan menyelamatkan mereka dari kebinasaan kekal tetapi juga menganugerahkan kepada mereka, kehidupan yang kekal.

Janganlah kita lupa siapa kita, Teman-teman. Siapakah orang Kristen itu?
Orang Kristen adalah orang yang di dalam dirinya berdiam Roh Allah, tidak kurang dari itu.

Biarlah kebenaran ini menjadi kepastian di dalam hidup kita sehingga kita dapat menjadi pelayan Allah yang hidup hanya untuk kemuliaan nama-Nya dan kebaikan umat-Nya.

Sung

Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s