Di Mana Hikmat dapat Ditemukan?

Ayat - Amsal 3 13

Untuk hidup, manusia membutuhkan pengetahuan dan hikmat. Keduanya baik. Keduanya bermanfaat. Keduanya penting dari sudut pandang Alkitab.

Apakah beda dari keduanya? Banyak orang mengatakan bahwa pengetahuan adalah informasi yang diperoleh dari pengalaman, penelitian, dan pembelajaran sementara hikmat merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Dengan demikian, pengetahuan dapat berdiri tanpa hikmat namun hikmat hanya dapat ada ketika pengetahuan terlebih dahulu dimiliki. Orang yang berpengetahuan belum tentu berhikmat tetapi orang yang berhikmat tentu berpengetahuan sebab hikmat adalah kemampuan atau keterampilan untuk menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh.

Berdasarkan pemahaman ini, marilah kita memandang dunia saat ini. Ketika kita melihat dunia ini, kita tidak dapat membantah bahwa dunia ini, dari masa ke masa, selalu memiliki banyak orang yang berpengetahuan. Dunia ini tidak kekurangan orang-orang yang berpendidikan, berpengalaman, insinyur, saintis, peneliti, penulis, filsuf, sejarawan, reporter, motivator, bahkan komentator. Di lihat dari beberapa sudut pandang, kita bahkan dapat berkata, “Dunia ini penuh dengan orang-orang berpengetahuan.”

Namun, pertanyaan yang harus kita jawab saat ini adalah:

Mengapa dunia masih seperti saat ini?
Mengapa masih ada kejahatan?
Mengapa ketakutan ada di mana-mana?
Mengapa perceraian tidak berhenti?
Mengapa kebosanan semakin menjadi-jadi?
Mengapa masih banyak kegelapan di dunia ini?

Jawaban untuk pertanyaan itu adalah karena untuk dapat memperbaiki dunia ini, orang-orang berpengetahuan saja tidak cukup. Apa yang sesungguhnya dunia ini butuhkan adalah orang-orang yang berhikmat. Kini pertanyaan yang harus kita tanyakan dan harus segera kita temukan adalah ini: Di manakah hikmat dapat diperoleh?

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Dan kita bersyukur, kita memiliki jawaban untuk pertanyaan tersebut. Firman Tuhan berkata melalui surat rasul Paulus untuk Timotius:

Ayat - 2 Timotius 3 15

Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci
yang dapat memberi hikmat kepadamu
dan menuntun engkau kepada keselamatan
oleh iman kepada Kristus Yesus.
(2 Timotius 3:15)

Di manakah hikmat dapat ditemukan?
Ya, hikmat ditemukan di dalam Kitab Suci yang adalah firman Allah.

Dunia  dapat dan telah memberi kita berbagai-bagai pengetahuan  yang berharga. Namun, hanya firman Allah yang dapat memberi hikmat kepada kita. Lebih dari itu, firman Allah tidak hanya memberi kita hikmat tetapi juga menuntun kita kepada keselamatan oleh iman kepada Tuhan kita, Yesus Kristus yang sendirinya telah menjadi Hikmat kita (1 Korintus 1:30).

Kini, setelah kita beroleh hikmat dari Kitab Suci dan keselamatan dari Kristus, bagaimana kita akan menyelamatkan dunia yang telah mengajari kita banyak sekali pengetahuan ini? Apakah cukup hanya dengan memberi berbagai pengetahuan yang kita miliki untuk kemajuan dunia ini? Tidak, kita sudah menyadari hal itu. Kita dapat menyelamatkan dunia ini dari kejahatan, ketakutan, kebosanan, perceraian, pertengkaran, peperangan, keserakahan, kasih yang menjadi dingin, dan dari berbagai-bagai kegelapan hanya dengan dengan menyatakan kepadanya hikmat yang berasal dari Alkitab dan keselamatan yang ada di dalam Kristus Yesus yang adalah Sang Hikmat yang Sejati.

Torrey

Dunia ini butuh orang-orang berhikmat
dan untuk beroleh hikmat, orang-orang butuh Firman Allah.

Biarlah segala kemuliaan hanya bagi Allah, di dalam Kristus Yesus, oleh kuasa Roh Kudus.

Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s