Kedewasaan

Tuhan Yesus berkata:

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya.
Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak,
sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
(Yohanes 15:5)

Di dalam kerajaan manusia, kedewasaan berarti kemandirian dari orang lain. Definisi ini baik jika dilihat dari banyak sudut pandang. Namun, jangan aplikasikan definisi ini pada Kerajaan Kristus sebab definisi ini tidak berlaku di sana. Di dalam Kerajaan Kristus, kedewasaan bukanlah kemandirian melainkan  kebergantung, yakni suatu kebergantungan yang sungguh kepada-Nya.

Semua orang di dunia ini ingin hidup mandiri. Tidak ada yang meragukan hal tersebut. Kemandirian memampukan seseorang memiliki hidupnya sendiri dengan lebih utuh dan itu adalah sesuatu yang baik. Namun, pertanyaannya adalah siapakah orang yang ingin bergantung? Memang benar bahwa kebergantungan seringkali tidaklah menyenangkan dan juga menakutkan. Namun, ketahuilah, orang-orang yang demikianlah yang akan berbahagia. Dengarlah perkataan dari Sang Raja dari Kerajaan tersebut:

Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah,
karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.
(Matius 5:3)

Kebergantungan seringkali tidaklah menyenangkan dan juga menakutkan sama seperti menjadi miskin tidaklah menyenangkan dan juga menakutkan. Namun, kebergantungan menghadirkan sesuatu yang jauh lebih berharga dibanding apa yang ditawarkan oleh kemandirian. Kemandirian hanya dapat menawarkan hidup yang lebih utuh di dalam kerajaan manusia tetapi kebergantungan menawarkan hidup yang kekal di dalam Kerajaan Allah.

Semoga kita menjadi orang-orang yang hidup mandiri dan lebih dari itu, semoga kita menjadi orang-orang yang senantiasa hidup bergantung kepada Kristus.

McCheyne

Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s