Penghibur di Kala Susah

Sebab aku ingin melihat kamu untuk memberikan karunia rohani kepadamu
guna menguatkan kamu, yaitu, supaya aku ada di antara kamu
dan turut terhibur oleh iman kita bersama,
baik oleh imanmu maupun oleh imanku.
(Roma 1:11-12)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

edwards

Keadaan kota Roma sewaktu Paulus menulis surat ini bukanlah kondisi yang aman dan menyenangkan bagi orang-orang percaya. Keadaan ini adalah kondisi yang penuh tekanan, mengguncang iman, dan bukan tidak mungkin mengancam jiwa bagi orang-orang yang menempatkan Tuhan Yesus Kristus, bukan kaisar, sebagai otoritas tertinggi di dalam hidupnya. Di masa-masa yang penuh kesukaran ini, orang-orang Kristen yang sedang gusar oleh berbagai-bagai tantangan dan ancaman sangatlah membutuhkan penghiburan. Mereka perlu dihibur.

Tetapi pertanyaannya, apakah yang dapat menghibur mereka? Siapakah penghibur bagi hati mereka yang susah? Apakah uang dapat menghibur mereka? Apakah itu seks? Apakah itu pelarian dari kenyataan? Apakah berbagai jenis entertainment yang diyakini oleh generasi masa kini dapat memuaskan jiwa dapat menghibur orang-orang Kristen pada masa itu?

Tidak! Bukan semua itu yang disebut oleh Paulus di sini. Perhatikanlah kata Paulus:

“… supaya aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik oleh imanmu maupun oleh imanku.”

Iman, inilah penghibur yang Tuhan sediakan. Iman adalah tali yang menghubungkan hati manusia dengan Allah. Iman juga adalah tali yang menghubungkan hati orang Kristen yang satu dengan orang Kristen yang lain. Oleh iman, setiap orang percaya terhubung satu sama lain sebagai sesama anggota tubuh dengan Kristus sebagai kepalanya (1 Korintus 12) dan sebagai sesama ranting dengan Kristus sebagai pokoknya (Yohanes 15). Iman, yang ditumbuhkan oleh Roh Kudus, bekerja sama dengan buah Roh (Galatia 5:22-23), yang juga bersumber dari Roh Kudus, untuk melahirkan penghiburan sorgawi di dalam hati setiap orang percaya. Melalui iman dan karena iman inilah sesama anak Tuhan dapat saling menghibur di dalam kasih dan damai sejahtera yang berasal dari Tuhan Yesus Kristus (Yohanes 14:27) sekalipun berbagai-bagai pencobaan datang melanda. Umat Israel, gereja mula-mula, dan keberlanjutan sejarah gereja setelah itu telah membuktikan hal ini. Iman satu orang menjadi penguatan dan penghiburan bagi yang lain dan demikian sebaliknya. Kitapun dapat melihatnya di berbagai belahan dunia di mana Kekristenan begitu ditekan dan ditindas; umat Tuhan telah menjadi penghiburan bagi seorang akan yang lain.

Dunia tidak mengenal dan tidak pernah menikmati penghiburan yang indah dan yang sejati ini. Bagi dunia ini, iman orang percaya adalah sesuatu yang menjengkelkan, berlebihan, memecah belah dan mengusik, bukan menghibur. Tetapi tidaklah demikian dengan kita. Oh, berbahagialah kita yang dikaruniakan iman di dalam Kristus Yesus sehingga kita dapat mengecap penghiburan yang demikian dan kitapun dapat membawa penghiburan bagi yang lain di kala mereka susah.

Kini, biarlah kita tetap memelihara iman yang telah Tuhan percayakan kepada setiap kita. Janganlah kita puas dengan iman yang kecil. Janganlah kita berhenti hanya dengan menjadi bayi rohani. Biarlah kita setia berdoa dan bekerja agar Allah senantiasa memurnikan, menumbuhkan dan menguatkan iman kita sebab iman yang murni, bertumbuh, dan kuat dapat Tuhan pakai menjadi penghiburan yang efektif bagi orang lain. Biarlah kita saling menghibur dan menguatkan. “Saudaraku yang terkasih di dalam Kristus, biarlah imanku menghibur hatimu dan imanmu menghibur hatiku.” Biarlah perasaan ini yang terjalin di dalam kita, yang adalah tubuh Tuhan kita, Yesus Kristus, di dunia ini.

mohler-2

Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s