Persembahan yang Berkenan kepada-Nya

“Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu.”

Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya. Maka Ia bertanya kepada mereka:

“Gambar dan tulisan siapakah ini?”

Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar.”

Lalu kata Yesus kepada mereka:

“Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”

(Matius 22: 19-21)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Pada uang dinar yang dipegang oleh orang-orang Farisi itu, terdapat gambar dan tulisan Kaisar. Hal ini berarti Kaisar memiliki hak atas uang tersebut dan orang-orang itu berkewajiban untuk memberikannya kembali kepada Kaisar sebagai pajak.

Hal yang sama, bahkan lebih lagi, terjadi pada kita, umat manusia. Kita diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kejadian 1:26-27). Hukum-hukum Allah tertulis di dalam hati setiap kita (Roma 2:15). Apa yang ada pada diri dan hidup kita adalah milik Allah. Hal ini berarti bahwa Allah memiliki hak penuh atas kita dan kita berkewajiban untuk mempersembahkan seluruh hidup kita sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada-Nya (Roma 12:1). Itulah mengapa Tuhan Yesus berkata, “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah (Matius 22:21).”

Kiranya Allah membuka mata kita dan menyadarkan hati kita bahwasanya kita bukanlah milik kita sendiri. Kita sepenuhnya adalah milik Allah sebab Ialah yang menciptakan kita dari ketiadaan dan lebih lagi, Ia jugalah yang telah menebus kita dari kebinasaan kekal melalui Anak-Nya, Tuhan kita, Yesus Kristus. Dan semoga Allah membasuh kita dengan Air Hidup Roh Kudus yang akan menyucikan kita dari segala noda serta memercikkan darah Kristus yang menjadikan kita korban yang harum di hadapan-Nya. Terpujilah Allah Tritunggal yang menjadikan kita persembahan yang berkenan kepada-Nya.

elliot

Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s