Hari Ini

Yesus Kristus tetap sama,
baik kemarin
maupun hari ini
dan sampai selama-lamanya.
(Ibrani 13:8)

Tidak perlu dipertanyakan apakah orang Kristen percaya atau tidak pada perbuatan besar Kristus bagi umat-Nya 2000 tahun yang lalu, yaitu ketika Ia mati di kayu salib untuk menanggung segala dosa setiap orang percaya kepada-Nya, supaya di dalam Dia mereka beroleh pengampunan dosa di hadapan Allah. Tidak perlu dipertanyakan apakah orang Kristen meyakini atau tidak bahwa keselamatan mereka sepenuhnya bergantung, tidak pada perbuatan baik mereka, melainkan pada perbuatan Kristus di hari “kemarin” tersebut. Tidak perlu dipertanyakan pula apakah orang Kristen percaya atau tidak bahwa di hari “esok”, Yesus Kristus akan datang untuk kedua kalinya, mengakhiri sejarah peradaban manusia, menghapus segala penderitaan dan air mata, dan membawa mereka ke dalam Kerajaan-Nya untuk selama-lamanya.

Banyak dari kita, orang-orang yang mengaku percaya di dalam nama Kristus, tidak terlalu bermasalah dalam meyakini karya dan kuasa-Nya di masa yang lampau. Kita juga tidak sulit untuk meyakini bahwa Ia akan berkuasa sampai selama-lamanya. Kita mengimani bahwa Ia adalah adalah Tuhan atas hari kemarin dan hari esok. Kita percaya bahwa Yesus Kristus tetap sama baik kemarin dan sampai selama-lamanya. Inilah yang menjadi fondasi iman kita, bukan? Tentu saja.

Tetapi pertanyaannya, bagaimanakah iman kita akan kuasa-Nya di hari ini, ketika kita sedang mengalami suatu masalah yang membuat kita lemah?

Kita perlu menyadari bahwa iman kita di dalam Kristus tidak hanya berbicara tentang apa yang Ia perbuat bagi kita di masa yang lampau dan apa yang akan Ia lakukan bagi kita di masa yang akan datang. Perhatikanlah bahwa di dalam Ibrani 13:8, Roh Kudus tidak hanya menggerakkan sang penulis Kitab Ibrani untuk menyebut hari “kemarin” dan “sampai selama-lamanya”. Ia tidak hanya menegaskan bahwa Kristus adalah Tuhan yang sama di hari kemarin dan hari esok. Apakah yang Ia katakan? Ya, Ia juga menyebut “maupun hari ini”. Ini merupakan bagian yang sangat penting yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Seluruh bagian firman Tuhan, setiap detailnya, mengandung nilai kebenaran yang teramat sangat penting yang melaluinya kita beroleh hidup yang baru, dan tidak hanya itu, kita juga beroleh hikmat untuk menghidupi hidup yang baru tersebut.

Jadi, apakah artinya hal ini? Ya, ini berarti bahwa Allah ingin kita untuk meyakini bahwa Yesus Kristus yang kita imani dan kasihi sesungguhnya tetap sama, baik kemarin, maupun hari ini, dan sampai selama-lamanya. Sebagaimana Ia adalah Tuhan di hari kemarin dan Tuhan sampai selama-lamanya, Ia juga adalah Tuhan atas hari ini.

Orang-orang di sekitar kita mungkin tidak meyakini dan mengakui hal tersebut namun tetaplah kenyataannya Yesus Kristus adalah Tuhan atas hari ini dan Ia tidak pernah berubah. Kuasa dan kemuliaan-Nya tetap dan tidak berkesudahan. Dan tidak hanya itu, kasih-Nya kepada umat-Nya juga tidak berubah. Sebagaimana Ia mengasihi dan memperhatikan kita ketika Ia mati di atas kayu salib untuk menebus kita, demikianlah Ia mengasihi dan memperhatikan kita hari ini, saat ini ketika kita sedang menghadapi suatu masalah. Sebagaimana Ia akan menjaga dan membela kita di hari penghakiman yang akan datang, demikianlah Ia juga akan menjaga dan membela kita hari ini, bahkan detik ini ketika kita sedang dirundung oleh duka. Itulah yang Ibrani 13:8 ingin sampaikan kepada kita.

Apakah kita benar-benar percaya akan hal ini?
Apakah kita benar-benar meyakini bahwa Yesus Kristus tetap sama bahkan untuk hari ini?
Apakah kita sungguh-sungguh beriman bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan atas hari ini?

Jika kita benar-benar percaya, maka hari ini, ya, hari ini, kita tidak memiliki alasan untuk merasa takut, malas, tidak bersukacita, tidak bergairah, tidak mengucap syukur, tidak melayani Dia, atau tidak memandang kebesaran dan kedaulatan-Nya di balik segala perkara. Jika Yesus Kristus sungguh-sungguh adalah Tuhan yang sama di hari ini, maka, tidak peduli seberapapun besarnya masalah atau musuh yang  kita hadapi hari ini, Yesus Kristus tetaplah Allah yang berdaulat dan berkuasa penuh dan kita berada di dalam genggaman-Nya. Oleh sebab itu, janganlah kita memusatkan perhatian kita kepada masalah, sebagaimana Petrus yang memusatkan perhatiannya kepada angin badai sehingga ia merasa takut dan akhirnya tenggelam, tetapi baiklah kita mengarahkan hati kita kepada Kristus yang memegang kendali absolut hari ini.

chambers-3

Tuhan Yesus tetap sama, baik kemarin, ketika Ia meredakan badai yang menderu, mengusir Iblis, memberi makan 5000 orang dengan lima roti dan dua ikan, menyembuhkan orang-orang sakit, membangkitkan orang-orang mati, mati untuk menanggung segala dosa kita, bangkit di hari yang ketiga, naik ke sorga, dan mencurahkan Roh Kudus-Nya untuk mendirikan gereja-Nya. Tuhan Yesus tetap sama, baik esok, ketika Ia datang kembali di dalam segala kebesaran dan kemuliaan, untuk membelenggu Iblis dan segala pengikutnya serta melemparkan mereka ke dalam lautan api, menghakimi segala yang jahat dan yang tidak percaya di dalam nama-Nya, menutup sejarah, mengubah dunia menjadi dunia yang baru, dan berkuasa di dalam Kerajaan-Nya sampai selama-lamanya bersama seluruh umat-Nya. Ia tetap sama detik ini, menit ini, jam ini, hari ini. Ia tidak berubah.

Bukankah hal ini terdengar begitu indah di telinga kita? Ia adalah Tuhan atas hari kemarin, hari esok, maupun hari ini. Jika Ia dapat melakukan hal paling megah di hari kemarin dan di hari esok, maka Ia juga dapat melakukan hal paling megah di dalam hidup kita hari ini juga. Oleh sebab itu, janganlah kita takut melainkan percaya kepada-Nya hari ini. Janganlah kita lari dari masalah melainkan bersandar kepada-Nya hari ini. Janganlah kita putus asa, seolah-olah Ia tidak ada atau tidak sama di hari ini, melainkan berharap akan kasih dan kuasa-Nya di dalam hidup kita hari ini.

Percayalah bahwa Ia tetap sama, maka Ia akan menjadikan kita tidak sama dengan diri kita yang lama. Percayalah bahwa Ia tidak pernah berubah, maka Ia akan membuat kita berubah menjadi manusia yang baru (Efesus 4:24, Kolose 3:10).

cuyler

Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s