Dunia di Mata Kita

 

Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? (Galatia 4:9)

Orang-orang Kristen memiliki mata rohani yang berbeda dengan orang-orang yang tidak percaya. Di mata mereka yang tidak percaya, dunia ini, melalui berbagai cara, mampu menghadirkan kenikmatan, kenikmatan, dan arti hidup bagi mereka.

Tetapi tidak demikian di mata setiap orang yang telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus Kristus. Di mata mereka, sebagaimana kata Rasul Paulus, roh-roh dunia adalah roh yang lemah dan miskin dan dengan demikian tidak akan menjadi sumber sukacita dan kepuasan bagi hati mereka atau menjadi tujuan hidup mereka. Sebaliknya, inilah yang indah dan berharga di dalam hidup mereka:

  • Pribadi TUHAN Allah (Ratapan 3:24) dan pribadi Tuhan Yesus Kristus (1 Petrus 2:7)
  • Firman Allah (Mazmur 119, Matius 4:4)
  • Kasih setia Allah (Mazmur 63:4)
  • Pelayanan kepada Allah (Yohanes 4:34, Roma 10:15)
  • Ibadah dan kebersamaan dengan umat Allah (Mazmur 133, Mazmur 16:3)

Bagaimanakah dengan kita? Apakah semangat dunia ini tampak menjanjikan dan indah di mata kita? Ataukah semua itu menjadi lemah dan miskin dan sedemikian tidak berarti bagi kita karena kita telah memiliki harta tak ternilai yang dianugerahkan Allah kepada kita? Biarlah kerinduan hati Paulus ini digenapkan di dalam hidup kita:

Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus… (Efesus 1:17-21)

Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s