Home Sweet Home

Firman Tuhan itu indah, bukan hanya karena kebenarannya tetapi juga karena penyampaian atau pemilihan katanya. Dan salah satu perumpamaan terindah yang Firman Tuhan pakai untuk menggambarkan relasi antara Tuhan dengan gereja atau umat-Nya adalah rumah atau tempat tinggal atau tempat berdiam.

Di satu tempat, Tuhan dikenal sebagai tempat berteduh umat-Nya:

Doa Musa, abdi Allah.

“Tuhan, Engkaulah tempat perteduhan kami turun-temurun.”

(Mazmur 90:1)

 Di tempat lain, gereja disebut sebagai rumah bagi Tuhan:

“…tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya; dan rumah-Nya ialah kita, jika kita sampai kepada akhirnya teguh berpegang pada kepercayaan dan pengharapan yang kita megahkan.”

(Ibrani 3:6)

Perhatikanlah bagaimana pengenalan orang-orang yang tidak percaya terhadap ilah-ilah yang mereka sembah. Adakah mereka memandang tuhan yang mereka sembah sebagai tempat berteduh atau rumah? Adakah dikatakan dalam ajaran yang mereka ikuti bahwa mereka adalah rumah bagi tuhan mereka? Adakah mereka memiliki keakraban dan keintiman dengan tuhan yang mereka sembah sebagaimana yang terpancar dari firman Tuhan yang kita baca?

Lebih dari itu, perhatikanlah seperti apa Allah yang kita sembah di seluruh bagian firman Tuhan. Perhatikanlah betapa mulianya Dia, tidak terbandingi oleh siapapun. Perhatikanlah betapa kudusnya Dia, tidak akan pernah dapat disamai dan dihampiri oleh siapapun. Namun, firman Tuhan yang sama menyatakan kepada kita bahwa Dia, Allah yang Maha Mulia dan Maha Kudus itu, adalah rumah perteduhan bagi kita dan di saat yang sama, kita adalah rumah tempat Ia tinggal. Bukankah itu luar biasa?

Seperti apakah home-sweet-home di dalam benakmu? Allah adalah home-sweet-home bagi kita dan kita adalah home-sweet-home bagi Allah.  Oh, betapa indahnya kebenaran ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s