Hati yang Rendah Hati adalah Istananya Allah

Kemegahanmu tidaklah baik.
(1 Korintus 5:6)

Banyak orang menjadi sombong akan kecantikan mereka. Tubuh hanyalah debu dan darah yang digabung menjadi satu. Salomo berkata, “Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia.” Amsal 31:30. Namun, beberapa orang sangatlah sombong akan kesia-siaan! Patutkah debu membanggakan dirinya sendiri?

Banyak orang menjadi sombong karena karunia dan kemampuan yang mereka miliki. Dandanan dan perhiasan itu tidak membuat mereka berkenan di mata Allah. Seorang malaikat adalah makhluk yang memiliki kemampuan yang luar biasa; namun ambillah kerendahan hati dari seorang malaikat – dan ia akan menjadi seorang iblis. Allah mengasihi orang yang rendah hati. Bukanlah kelahiran agung kita, melainkan kerendahan hati kita, yang kepadanya Allah berkenan.

Oh, marilah kita menyelidiki adakah ragi kesombongan di dalam kita. Manusia secara kodratnya adalah seonggok daging yang sombong. Dosa kesombongan ini mengalir di dalam darah. Benih dosa kesombongan ini terdapat juga di dalam orang-orang Kristen yang paling tekun – namun orang yang saleh tidak akan membiarkan diri mereka berada di dalam dosa ini. Mereka berjuang untuk membunuh rumput liar ini dengan mematikannya.

Semakin tinggi nilai seseorang, semakin rendah hati dia. Bulu-bulu itu tidak bernilai dan mereka beterbangan di atas, sementara emas yang berharga tempatnya ada di bawah, yakni di dalam tanah. Sama dengan itu, orang kudus tidak mengejar tempat yang tinggi di atas, melainkan di bawah. Pandanglah Sang Juruselamat yang rendah hati – dan biarkanlah bulu-bulu kesombongan itu berlepasan.

Hati yang rendah hati adalah istananya Allah. “Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya:

Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus
tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati
,
untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati
dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.”
(Yesaya 57:15).

Hati yang rendah hati bermegah di dalam ini – yakni bahwa hati yang demikian adalah ruang di mana Allah yang agung dan mulia berada!

~~~~~~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s