Belajarlah Pada-Ku!

Lalu kata-Nya kepada mereka:

“Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya.
Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.”

Kemudian Ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu jaraknya,
lalu Ia berlutut dan berdoa, kata-Nya:

“Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku;
tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.”

Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya. Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah. (Matius 26:38, Lukas 26:38)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sebesar-besarnya pergumulan yang kuhadapi saat ini, Tuhan Yesus pernah jauh lebih bergumul daripada aku. Sedalam-dalamnya kesedihan yang kurasakan, Tuhan Yesus pernah jauh lebih bersedih daripada aku. Segentar-gentarnya hatiku, Tuhan Yesus pernah jauh lebih ketakutan daripada aku. Sebesar-besarnya aku membutuhkan kekuatan dan pertolongan saat ini, Ia pernah jauh lebih membutuhkan kekuatan dan pertolongan daripada aku.

Namun, di saat-saat terberat di dalam hidup-Nya itu, Ia tetap percaya dan taat akan Bapa yang sanggup menyelamatkan-Nya (Ibrani 5:7).

Oh, biarlah hatiku selalu mengenang akan Dia yang begitu lemah dan bergumul di Getsemani setiap kali aku bergumul, ketakutan, dan berduka di dalam hari-hariku. Betapa damainya hatiku setiap kali aku mengingat Dia. Betapa kagum jiwaku untuk meneladani-Nya. Dan betapa manisnya ketika di telingaku terdengar Ia berkata: “Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Matius 11:29)

Segala kemuliaan hanya bagi Yesus Kristus, Tuhan kita. Amin.

Leave a Reply

