Dua Jalan Hidup

“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, …
Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?
(Matius 6:25 & 27)

Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.
(Amsal 3:1-2)

~~~~~~~~~~~~~~~

Saya percaya Tuhan sudah menetapkan batas waktu yang fix untuk setiap orang yang kemudian akan menjadi usianya selama ia hidup di bumi ini.

Di dalam keadilan-Nya, Tuhan menetapkan bahwa kekuatiran manusia, yang merupakan buah dari keraguan akan Allah, tidak akan dapat menambahkan satu hastapun pada jalan hidupnya (Matius 6:25 & 27). Justru sebaliknya, kekuatiran akan mengubah sebagian dari waktu hidup manusia yang seharusnya dapat dijalaninya dengan produktif dan sukacita, menjadi suatu perjalanan yang hampa dan mati sehingga ia tidak dapat menikmati kepenuhan dari batas waktu yang Tuhan sudah beri. Orang yang kuatir akan “lebih cepat mati” sebab sebelum tubuhnya benar-benar mati, hatinya sudah lama mati.

Namun, di dalam kasih-Nya, Tuhan juga menetapkan bahwa ketaatan manusia, yang merupakan buah dari iman kepada Allah, akan membuat seseorang “panjang umur”. Usia hidup orang itu tetaplah tidak berubah sebagaimana yang sudah Allah tetapkan sejak permulaan zaman. Namun, kepada mereka yang percaya dan taat, Allah akan menganugerahkan berkat demi berkat yang membuat orang itu dapat menikmati kepenuhan batas waktu yang sudah Tuhan beri. Ia akan menjalani hidup yang bermakna, produktif, dan menjadi berkat bagi orang lain. Jika Tuhan memberinya tujuh puluh tahun untuk hidup, ia akan hidup seakan-akan ia hidup hingga seratus tahun. Ketika orang-orang lainnya hanya sekadar existing, ia tidak hanya hidup, melainkan benar-benar hidup.

Demikianlah perbedaan dua jalan hidup: jalan hidup orang yang kuatir, yakni yang meragukan Allah, dengan jalan hidup orang yang taat, yakni yang menaruh percaya dan harapnya hanya kepada Tuhan.

Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s